Comscore Tracker

Airlangga Pamer Teknologi Baru Bikin se-Indonesia Tersambung Internet

Teknologi baru itu ialah satelit Low Earth Orbit (LEO)

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang melakukan uji coba teknologi baru untuk memperluas jangkauan internet di Indonesia.

Teknologi baru itu ialah satelit Low Earth Orbit (LEO), yakni satelit yang mengelilingi bumi, di orbit yang lebih rendah.

"Ini sedang disiapkan satelit yang tidak terlalu tinggi, yang kita sebut low earth orbit," kata Airlangga dalam acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2022 stage Visionary Leaders by IDN Times di The Tribrata, Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Dia mengatakan, uji coba peluncuran satelit LEO itu sudah dilakukan di Kalimantan Timur. Targetnya, peluncuran satelit itu akan dilakukan lebih banyak dan merata, sehingga seluruh Indonesia bisa tersambung internet.

"Dan ini diharapkan kalau seluruhnya bisa terpasang, maka seluruh pulau di Indonesia terkoneksi," ucap Airlangga.

Beriringan dengan itu, pemerintah juga akan memperluas jangkauan fiber optic untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas internet di Indonesia.

"Infrastruktur yang disiapkan apakah itu fiber optic, apakah itu dari 4G menjadi 5G," ujar Airlangga.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan sekitar 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Ekonomi Digital RI Punya Potensi Jumbo, Airlangga: Jangan Sia-siakan

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya