Jokowi: Ada 331 Juta Vaksin COVID-19 Tambahan hingga September

Sebanyak 258 juta dosis vaksin sudah diamankan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan Indonesia akan mendapatkan tambahan vaksin COVID-19 sebanyak 331.675.000 dosis untuk Agustus-September. 

Jokowi mengatakan, sebanyak 258.6750.000 sudah dipastikan akan tiba di Indonesia, dan 73 juta dosis lainnya masih menunggu kesepakatan final dengan produsen.

"Rincian 258.6750.000 yang sudah fix, dan 73.000.000 yang unfix atau menuju perkembangan lebih lanjut," kata Jokowi dalam Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXI yang disiarkan virtual, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Data Lengkap Kasus COVID-19 di Indonesia per Senin 30 Agustus 2021

1. Pemerintah kejar target vaksinasi COVID-19

Jokowi: Ada 331 Juta Vaksin COVID-19 Tambahan hingga SeptemberPresiden Jokowi dalam Kongres ISEI XXI. (dok. Tangkapan layar Youtube PP ISEI)

Jokowi mengatakan pemerintah terus menggenjot vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

"Vaksinasi akan terus kita percepat untuk memenuhi target. Sebanyak 61,5 juta atau 29,5 persen warga telah mendapatkan vaksinasi tahap pertama. Dan 34,8 juta atau 16,7 persen warga telah mendapatkan vaksinasi tahap kedua," ucap dia.

2. Jokowi klaim pasokan obat terjaga

Jokowi: Ada 331 Juta Vaksin COVID-19 Tambahan hingga Septemberilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Presiden juga mengatakan saat ini ketersediaan obat untuk pasien COVID-19 terjaga. Khusus untuk pasien yang menjalankan isolasi mandiri (isoman), Jokowi mengatakan, pemerintah terus mendistribusikan kepada masyarakat.

"Ketersediaan obat antivirus dan oksigen juga tetap menjadi prioritas. Paket vitamin dan obat untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri juga terus kita distribusikan ke seluruh daerah. Tapi semua ini harus disertai dengan kedisplinan kita menjalankan protokol kesehatan, 3M, pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," ujar dia.

Baca Juga: Komnas KIPI: Efek Samping Vaksin Pfizer Nyeri, Demam hingga Muntah

3. Kasus konfirmasi positif COVID-19 terus menurun

Jokowi: Ada 331 Juta Vaksin COVID-19 Tambahan hingga SeptemberIlustrasi COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jokowi mengungkapkan rasa bersyukurnya melihat kasus konfirmasi positif COVID-19 terus menunjukkan penurunan dalam dua pekan terakhir.

"Alhamdulillah kasus COVID-19 di Indonesia sudah melewati puncaknya dan turun signifikan dalam dua minggu terakhir ini. Kasus konfirmasi positif terus menurun sebesar 86,9 persen," tutur dia. 

Jokowi juga mengatakan kasus kesembuhan terus bertambah, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan kasus konfirmasi harian. Begitu juga dengan tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) yang juga menurun.

"Penurunan BOR nasional saat ini 27 persen. Akan tetapi, kita tidak boleh lengah, kita harus tetap waspada, kita semua harus tetap terus meningkatkan upaya kita untuk mengendalikan pandemik ini," ucap Jokowi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya