Comscore Tracker

Perjuangan Kakek 64 Tahun Kayuh Sepeda 3 Jam demi Bisa Ikut Vaksinasi

Kepada Menkes kakek Safaruddin mengaku takut COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kakek Safaruddin yang mengayuh sepeda sejauh 15 kilometer demi bisa ikut vaksinasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menyita perhatian Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Kakek 64 tahun itu pun menceritakan perjuangannya ikut vaksinasi kepada Budi.

Didampingi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Safaruddin berbincang melalui Zoom dengan Budi dan juga selebriti Deddy Corbuzier.

Dalam bincang online itu, Budi bertanya apakah Safaruddin dibujuk atau diajak seseorang untuk vaksin. Menjawab itu, Safaruddin mengaku ikut vaksinasi adalah inisiatifnya sendiri.

Lalu, Budi bertanya alasan Safaruddin ikut vaksinasi. "Kenapa Bapak mau?" tanya Budi. 

Safaruddin mengaku ikut vaksinasi karena takut dengan virus corona. "Karena takut COVID-19, Pak," jawab Safaruddin.

Baca Juga: Viral, Kakek di Makassar Bersepeda 15 Km untuk Divaksin

1. Menkes minta Safaruddin ajak warga sekitar ikut vaksinasi

Perjuangan Kakek 64 Tahun Kayuh Sepeda 3 Jam demi Bisa Ikut VaksinasiKakek Safaruddin (kanan) bersama Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (30/7/2021). IDN Times/Ashrawi Muin

Budi bertanya apakah warga di sekitar tempat tinggal Safaruddin sudah ikut vaksinasi atau belum. Sayangnya, menurut Safaruddin, warga sekitarnya takut untuk ikut vaksinasi.

"Belum (divaksin). Takut (mereka), Pak," ucap Safaruddin.

Budi pun meminta Safaruddin menceritakan pengalamannya vaksinasi kepada warga sekitar agar mau ikut vaksinasi.

"Bapak habis disuntik bilang ke mereka dong, jangan takut. Bapak juga habis disuntik baik-baik saja kan? Tidak berubah jadi zombie kan?" kata Budi.

2. Safaruddin mengaku tak takut disuntik vaksin COVID-19

Perjuangan Kakek 64 Tahun Kayuh Sepeda 3 Jam demi Bisa Ikut VaksinasiKakek Safaruddin yang mengayuh sepeda demi vaksinasi di Makassar, Jumat (30/7/2021). IDN Times/Ashrawi Muin

Setelah berbincang dengan Budi, Safaruddin juga berbincang dengan Deddy Corbuzier. Kakek tersebut bercerita kepada Deddy, dia ikut vaksinasi agar tidak tertular COVID-19.

Safaruddin juga mengatakan meski teman-teman sebayanya takut divaksinasi, dirinya justru berani.

"Saya gak takut, saya dari dulu berani divaksin," ucap Safaruddin.

Deddy pun mengatakan akan memberikan Safaruddin ponsel. Deddy meminta apabila Safaruddin sudah memiliki ponsel agar mengajak teman-temannya ikut vaksinasi.

"Kalau sudah punya HP, kerjanya satu, ajak teman-temannya vaksin mau gak Pak?"

Safaruddin pun mengiyakan permintaan itu. "Iya benar, saya ajak teman-teman (nanti), Pak," tutur Safaruddin.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Beri Hadiah Motor Kakek yang Jauh Bersepeda demi Vaksin

3. Dapat hadiah sepeda motor dari Plt Gubernur Sulsel

Perjuangan Kakek 64 Tahun Kayuh Sepeda 3 Jam demi Bisa Ikut VaksinasiKakek Safaruddin (kiri) mendapat hadiah sepeda motor dari Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (30/7/2021). IDN Times/Ashrawi Muin

Meski tak memiliki ponsel untuk mendaftar vaksinasi secara online, dan harus mengayuh sepeda selama 3 jam untuk perjalanan pergi dan pulang, Safaruddin tetap semangat ikut vaksinasi di mal NIPAH pada Rabu 28 Juli 2021, karena takut terpapar COVID-19.

Perjuangan Kakek Safaruddin demi ikut vaksinasi mendapat apresiasi dari Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Andi Sudirman memberikan hadiah 1 unit sepeda motor kepada kakek Safaruddin.

Dengan sepeda motor itu, sekitar 2 pekan ke depan Safaruddin bisa kembali mengikuti vaksinasi dosis kedua dan tidak lagi harus mengayuh sepeda tapi menggunakan sepeda motor.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya