Comscore Tracker

Positif COVID-19, 2 Mantan Menkes Farid dan Nila Moeloek Dirawat di RS

Mantan menkes Farid dan Nila Moeloek pasangan suami istri 

Jakarta, IDN Times - Dua mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Indonesia, yakni Farid Anfasa Moeloek dan Nila Moeloek, terpapar COVID-19. Keduanya tengah menjalani perawatan khusus di salah satu rumah sakit (RS) di Jakarta.

Kabar itu diungkapkan oleh Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban, melalui akun Twitternya, @ProfesorZubairi.

Baca Juga: Data Lengkap Kasus COVID-19 di Indonesia per Selasa 3 Agustus 2021

1. Zubairi ajak masyarakat doakan kesembuhan Farid dan Nila

Positif COVID-19, 2 Mantan Menkes Farid dan Nila Moeloek Dirawat di RSKetua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dia mengajak masyarakat untuk mendoakan Farid dan Nila agar sembuh dari virus corona. Perlu diketahui, Farid dan Nila adalah pasangan suami istri. Keduanya sama-sama pernah menjabat sebagai menkes.

"Mari luangkan waktu sejenak untuk mendoakan Prof Nila Moeloek dan Prof Farid Anfasa Moeloek. Dua mantan menteri kesehatan ini sedang dalam perawatan khusus di salah satu rumah sakit Jakarta. Semoga Allah memberkahi mereka kesembuhan dalam perjuangannya melawan COVID-19. Amin," cuit Zubairi seperti dikutip IDN Times, Selasa (3/8/2021).

2. Profil Farid Anfasa Moeloek

Positif COVID-19, 2 Mantan Menkes Farid dan Nila Moeloek Dirawat di RSIDN Times/Margith Juita Damanik

Farid Anfasa Moeloek lahir di Liwa, Lampung Barat, Lampung pada 28 Juni 1944. Farid adalah lulusan Universitas Indonesia dan John Hopkins University (Amerika Serikat). Dia adalah dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Farid pernah menjabat sebagai menkes di Kabinet Pembangunan VII atau di era Presiden ke-2 RI Soeharto (16 Maret 1998-21 Mei 1998). Kemudian, dia kembali menjabat sebagai menkes di Kabinet Reformasi Pembangunan, di masa pemerintahan Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (21 Mei 1998-20 Oktober 1999).

Baca Juga: Terima 500 Ribu Dosis Hari Ini, RI Punya 8 Juta Vaksin Sinopharm

3. Profil Nila Moeloek

Positif COVID-19, 2 Mantan Menkes Farid dan Nila Moeloek Dirawat di RSIDN Times/Margith Juita Damanik

Nila Djuwita Moeloek adalah wanita kelahiran Jakarta, 11 April 1949. Dia kini berusia 72 tahun. Usianya terpaut lebih muda 5 tahun dari sang suami, Farid yang kini berusia 77 tahun. Nila dan Farid memiliki 4 orang anak.

Nila adalah lulusan Universitas Indonesia. Dia adalah dokter spesialis mata. Pada 2014, tepatnya tanggal 27 Oktober, Nila diangkat sebagai menkes dalam Kabinet Kerja Pemerintahan Joko Widodo. Dia menjabat sebagai menkes sampai 20 Oktober 2019, kemudian digantikan oleh Terawan Agus Putranto.

Baca Juga: IDI: Kondisi Fasilitas Kesehatan Indonesia Sudah Kolaps 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya