Comscore Tracker

Tracing dan Testing COVID-19 Dinaikkan 4 Kali Lipat, Warga Harus Jujur

Testing dan tracing diperlukan demi menekan penyebaran virus

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, pemerintah akan menaikkan kapasitas tracing dan testing tiga sampai empat kali lipat selama PPKM darurat.

Hal ini dilakukan untuk menurunkan tingkat situasional di Pulau Jawa dan Bali yang telah mencapai level tiga dan empat.

"Khusus tracing dan testing akan ditingkatkan menjadi tiga sampai empat kali lipat dari saat ini," kata Jodi dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di Youtube BNPB, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Kasus Positif dan Kematian akibat COVID-19 RI Pecah Rekor Lagi!

1. Tracing dan testing akan disesuaikan dengan positivity rate mingguan

Tracing dan Testing COVID-19 Dinaikkan 4 Kali Lipat, Warga Harus JujurIlustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Adapun peningkatan kapasitas itu juga akan disesuaikan dengan positivity rate mingguan. Apabila semakin tinggi rasio pasien yang terkonfirmasi positif, maka testing akan semakin banyak dilakukan.

"Pemerintah pusat dan daerah akan tambah petugas dan alat tes, sementara masyarakat harus proaktif, berani jalani tes, dan jujur saat tracing," ujar Jodi.

2. Penjelasan tingkat situasional level tiga dan empat

Tracing dan Testing COVID-19 Dinaikkan 4 Kali Lipat, Warga Harus JujurIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Jodi menjelaskan, tingkat situasional tiga adalah situasi penularan di tingkat komunitas bertambah tinggi, sementara kapasitas tambahan untuk merespons terbatas, dan layanan kesehatan menjadi kewalahan. 

Sedangkan, tingkat situasional empat penularan tidak terkontrol, dan kapasitas respons sistem kesehatan sangat terbatas, dan tidak ada tambahan kapasitas yang tersedia, sehingga membutuhkan tindakan ekstensif untuk menghindari layanan kesehatan kelebihan beban yang akan menyebabkan mobilitas dan mortalitas yang terus naik.

Baca Juga: Pecah Rekor! Ini Data Lengkap Kasus COVID-19 di Indonesia 5 Juli 2021

3. Tingkat situasional terkini

Tracing dan Testing COVID-19 Dinaikkan 4 Kali Lipat, Warga Harus JujurIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia memaparkan, sebanyak 48 kabupaten/kota yang telah berada pada tingkat situasional pandemik level empat. Sementara, 74 kabupaten/kota pada level tiga.

Selain berupaya meningkatkan tracing dan testing, pemerintah juga akan memantau pergerakan alias mobilitas masyarakat, khususnya di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat yang masih cukup tinggi.

"Berdasarkan analisis, dibutuhkan penurunan mobilitas masyarakat  30 persen untuk menurunkan jumlah kasus. Namun, dengan varian delta saat ini, estimasi kami membutuhkan penurunan 50 persen mobilitas masyarakat. Kita butuh saling mendukung untuk mencapai indikator ini. Tetap di rumah, produktif, dan ibadah di rumah," ucap Jodi.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya