Aksi Bela Palestina, Massa Aliansi Pemuda Indonesia Geruduk Kedubes AS

Mahasiswa Jabodetabek, Banten, Jawa Barat akan gelar aksi

Jakarta, IDN Times - Gelombang aksi protes atas penyerangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina terus terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Hari ini, Aliansi Pemuda Indonesia akan melakukan aksi bela Palestina yang diinisiasi oleh Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FLSDK) Indonesia dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), di depan kantor kedutaan besar Amerika Serikat.

"Iya benar, akan ada aksi bela Palestina. Perkiraan ada 300 massa gabungan dari FLSDK dan KAMMI, yang datang dari Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat," ujar Media FSLDK Indonesia, Muhammad Hardi Ramadhan saat dihubungi IDN Times pada Selasa (18/5/2021).

1. Perlakuan Israel melukai hati umat Islam

Aksi Bela Palestina, Massa Aliansi Pemuda Indonesia Geruduk Kedubes ASAksi bela Palestina. IDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam keterangan resmi pernyataan sikap FLSDK tertulis bahwa isu Israel-Palestina ini didasari oleh penyerangan yang dilakukan zionis Israel terhadap Palestina yang telah melukai hati umat Islam, karena penyerangan tersebut dilakukan kepada umat Islam yang sedang beribadah di masjid Al Aqsa.

Tidak hanya itu, Israel juga melakukan pengusiran pemukiman warga Palestina secara paksa di Sheikh Jarrah yang juga merusak rasa kemanusiaan umat manusia di dunia oleh bentuk penjajahan di tanah Palestina.

Baca Juga: Jadi Perhatian Dunia, Begini Awal Konflik Israel-Palestina

2. Mendesak pemerintah agar mengambil sikap tegas dan nyata

Aksi Bela Palestina, Massa Aliansi Pemuda Indonesia Geruduk Kedubes ASAksi bela Palestina di depan Gedun Merdeka, Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

FLSDK mengutuk dan mengecam keras atas tindakan yang dilakukan oleh Israel terhadal Palestina. Selain itu, FLSDK juga mendesak pemerintah Indonesia agar mengambil sikap tegas dan nyata terkait penjajahan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Hal ini menurutnya, sebagai bentuk ikatan persaudaraan negara sesama muslim.

3. Mengangkat tagar #PrayForPalestine di setiap berita tentang Palestina

Aksi Bela Palestina, Massa Aliansi Pemuda Indonesia Geruduk Kedubes ASAksi bela Palestina. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina, FLSDK mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengangkat tagar #PrayForPalestine, #SaveSheikhJarrah dan #PalestinianLivesMatter di setiap berita tentang Palestina.

Hal ini dilakukan untuk memasifkan berita di media sosial atas kejahatan dan kekejaman yang dilakukan Israel pada warga Palestina sebagai bentuk penjajahan yang nyata.

4. Memanjatkan doa untuk Palestina

Aksi Bela Palestina, Massa Aliansi Pemuda Indonesia Geruduk Kedubes ASAksi bela Palestina. IDN Times/Debbie Sutrisno

Seluruh aktivis dakwah kampus diinstruksikan untuk bergerak menyadarkan dan menggalang kepedulian masyarakat Indonesia untuk perjuangan Al-Aqsa dan Sheikh Jarrah di Palestina.

Maka dari itu, FLSDK meminta seluruh umat muslim memanjatkan doa dan melakukan Qunut Nazilah untuk Palestina.

"Semoga Allah memberikan pertolongan pada kaum muslimin Palestina dan mengancurkan zionis Israel di tanah Palestina," tutup pernyataan sikap tertulis oleh FLSDK.

Baca Juga: Ribuan Buruh KSPI Siap Gelar Aksi Bela Palestina Hari Ini

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya