Anggota DPR: Sukseskan PPKM daripada Buang Energi Debat soal Lockdown

Yakin Jokowi mengambil keputusan dengan pertimbangan matang

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meyakini keputusan Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro telah disesuaikan dengan karakteristik sosiologi Indonesia. Ia meminta masyarakat percaya atas kebijakan tersebut.

Sehingga, ia berharap agar perdebatan antara kebijakan PPKM mikro dan karantina wilayah atau lockdown diakhiri.

"Buang energi dan kontraproduktif apabila terus mempersoalkan keputusan yang sudah diambil pemerintah. Lebih baik gotong royong sukseskan PPKM skala mikro," ujar Rahmad dikutip dari ANTARA, Kamis (24/6/2021).

1. Pelaksanaan aturan jadi faktor utama keberhasilan pengendalian COVID-19

Anggota DPR: Sukseskan PPKM daripada Buang Energi Debat soal LockdownIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Menurut Rahmad, faktor utama keberhasilan dalam mengendalikan COVID-19 adalah pelaksanaan dan penegakan aturan. Ia meyakini keputusan Jokowi memilih PPKM mikro sudah dipikirkan dengan matang.

"Karena esensi PPKM dan yang lainnya sama, yaitu bagaimana kita bisa kendalikan pandemik dengan baik. Apa pun yang diputuskan, faktor utama keberhasilan itu adalah di pelaksanaannya dan penegakannya, bukan cara dan keputusannya apa," ujar Rahmad.

Baca Juga: Terpapar COVID-19 Dua Kali, Khofifah Minta Masyarakat Jangan Lengah

2. Kebijakan PPKM mikro harus dijalankan secara gotong royong

Anggota DPR: Sukseskan PPKM daripada Buang Energi Debat soal LockdownIlustrasi pasien virus corona. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kebijakan yang telah diambil pemerintah, menurut Rahmad, harus dijalankan secara gotong royong. Sebab, kebijakan tersebut tidak mungkin dilakukan secara sendiri oleh pemerintah, perlu peran dari pemerintah daerah hingga tingkat RT/RW.

"Saya percaya dengan pemda dibantu TNI-Polri, Satpol PP, siapa saja yang melanggar untuk ditindak dengan tegas. Hal itu termasuk ketegasan pemerintah daerah untuk menutup paksa segala hal yang berpotensi memunculkan kerumunan atas pelanggaran PPKM," ujar Rahmad.

3. Yakin PPKM mikro berhasil menangani COVID-19

Anggota DPR: Sukseskan PPKM daripada Buang Energi Debat soal LockdownIlustrasi PPKM. Dok. IDN Times/bt

Rahmad meyakini, jika pemerintah pusat maupun daerah terus membumikan protokol kesehatan dan tegas terhadap segala hal yang berpotensi melanggar PPKM mikro, maka PPKM mikro akan berhasil menangani pandemik COVID-19.

"Seperti kegiatan ekonomi yang melanggar aturan ya harus tegas ditutup dan ditindak. Kalau ini berjalan dan penegakan aturan dengan tegas, saya yakin pandemik bisa ditangani dengan baik," kata Rahmad.

"Maka kita dorong pemerintah pusat mempercepat vaksinasi di setiap kesempatan dan di seluruh daerah agar paling tidak 50 persen penduduk tahun ini sudah terjangkau vaksinasi," lanjutnya.

Baca Juga: Tingkat Kematian Tinggi, Menkes Kaji 2 Vaksin COVID-19 untuk Anak

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya