Bendera Merah Putih Dikibarkan Terbalik, Pemkab Aceh: Tidak Disengaja

Diduga petugas jaga yang memasang bendera masih mengantuk

Jakarta, IDN Times - Bendera Merah Putih dikibarkan terbalik di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Barat.

Kepala kantor tersebut, Tarfin menjelaskan, peristiwa itu tidak disengaja, karena kelalaian petugas yang berjaga.

"Kami tegaskan bahwa insiden berkibarnya Bendera Merah Putih secara terbalik di halaman kantor ini karena kealpaan petugas jaga malam, karena saat benderanya dipasang, diduga petugasnya masih mengantuk," ujar Tarfin dikutip dari ANTARA, Rabu (18/8/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Ini Nama-nama Paskibraka Pengibar Bendera, Tim Indonesia Tangguh

1. Tersebar di media sosial

Bendera Merah Putih Dikibarkan Terbalik, Pemkab Aceh: Tidak DisengajaPeristiwa terbaliknya pemasangan bendera merah putih di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Barat di Meulaboh, yang beredar melalui media sosial, Selasa (17/8/2021). ANTARA/HO.

Peristiwa Bendera Merah Putih dikibarkan terbalik tersebut beredar di media sosial. Tarfin menduga, peristiwa itu direkam oleh warga setempat hingga akhirnya tersebar di media sosial dan menjadi sorotan masyarakat Aceh Barat.

Ia mengaku peristiwa itu sudah dilaporkan kepada pimpinan daerah setempat untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya, dan bendera langsung diturunkan kemudian dikibarkan lagi sebagaimana mestinya.

2. Tak terkait dengan HUT ke-76 RI

Bendera Merah Putih Dikibarkan Terbalik, Pemkab Aceh: Tidak DisengajaSuasana Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Tarfin sekali lagi menjelaskan bahwa peristiwa tersebut murni kelalaian dari petugasnya yang masih mengantuk saat mengibarkan Bendera Merah Putih, dan langsung pulang ke rumah tanpa melihat jelas kondisi bendera tersebut.

"Insiden terbaliknya Bendera Merah Putih ini tidak terkait dengan Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI," kata Tarfin.

3. Petugas telah ditegur agar lebih berhati-hati

Bendera Merah Putih Dikibarkan Terbalik, Pemkab Aceh: Tidak DisengajaPetugas memasang bendera merah putih dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke 75 pada 17 Agustus 2020 mendatang (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Untuk itu, Tarfin mengatakan, telah menegur petugas jaga malam tersebut agar lebih berhati-hati ke depannya saat mengibarkan bendera di pagi hari, meskipun dalam kondisi mengantuk.

Baca Juga: [BREAKING] Tim Indonesia Tumbuh Turunkan Bendera Merah Putih

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya