Bergaya Catur Muka, Ini Sekelumit Cerita Doni Monardo Memimpin BNPB

Sosok Doni Monardo di mata Sekretaris Utama BNPB

Jakarta, IDN Times - Mantan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo serah terima jabatan kepada Ganip Warsito, penggantinya sebagai kepala BNPB, pada Selasa, 25 Mei 2021 malam yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube BNPB Indonesia. 

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Doni Monardo atas dedikasinya kepada BNPB selama memimpin lembaga tersebut.

"Kami atas nama lembaga BNPB menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Letjan TNI Doni Monardo yang selama ini telah memberikan sumbangsih, dedikasi dan pengabdiannya bagi kemajuan BNPB dan Indonesia," ujar Lilik.

Tak lupa, dalam acara serah terima jabatan tersebut, Lilik juga menceritakan bagaimana sosok Doni Monardo selama menjabat sebagai kepala BNPB. 

Baca Juga: Rekam Jejak Ganip Warsito, Pengganti Doni Monardo sebagai Kepala BNPB

1. Doni memberikan kepemimpinan "catur muka" untuk BNPB

Bergaya Catur Muka, Ini Sekelumit Cerita Doni Monardo Memimpin BNPBEks Kepala BNPB Doni Monardo (IDN Times/Dhana Kencana)

Selama menjabat sebagai kepala BNPB, Lilik menceritakan, Doni telah memberikan BNPB satu teori kepemimpinan yang disebut "catur muka". Ia menjelaskan terdapat empat poin kepemimpinan yang diberikan Doni kepada BNPB

"Yang pertama kami diberikan pelajaran bagaimana pemimpin adalah pemimpin, orang yang memimpin kita di depan, orang yang memberikan contoh pada kita semua, dan orang yang memberikan arahan dan kadang-kadang memarahi kita," ujar Lilik.

Lebih lanjut, Lilik menjelaskan, sosok Doni seperti seorang bapak, orang tua bagi BNPB yang selalu mengingatkan akan segala hal, serta pemimpin yang juga layaknya guru memperkenalkan hal-hal baru. 

Tak hanya itu, Doni juga dikenal sebagai pemimpin yang juga dapat menjadi seorang sahabat.

"Kami merasa menjadi sahabatnya pak Doni, kami merasa sering diajak bicara, diberikan masukan dan sebagainya. Inilah konsep catur muka pemimpin yang kami peroleh dari pak Doni. Terima kasih pak Doni telah mengajarkan kami," kata Lilik.

2. Karya dan upaya Doni Monardo telah dirasakan masyarakat

Bergaya Catur Muka, Ini Sekelumit Cerita Doni Monardo Memimpin BNPB(Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo ) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Doni Monardo yang telah menanamkan karya dan upayanya dalam pelayanan publik di bidang penanggulangan bencana dan membangun institusi BNPB, menurut Lilik, telah memberikan karya dan upayanya hingga dirasakan masyarakat.

Maka dari itu, ia berharap Doni dapat terus bersama BNPB memberikan semangat, masukan dan bimbingan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Harapan kami semua dengan berakhirnya masa tugas pak Doni Monardo di BNPB, semoga bapak tetap berkarya dan tetap memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kepentingan orang banyak," ujar Lilik.

3. Selamat datang dan bertugas untuk kepala BNPB yang baru, Ganip Warsito

Bergaya Catur Muka, Ini Sekelumit Cerita Doni Monardo Memimpin BNPBPelantikan Ganip Warsito sebagai kepala BNPB (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menyambut kepala BNPB yang baru, Letjen TNI Ganip Warsito, tak lupa Lilik mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di BNPB. 

"Selamat datang dan selamat bertugas di lingkungan kerja BNPB yang kami cintai ini, insyallah pak, kami semuanya siap membantu dan memberikan dukungan kepada bapak semua," ujar Lilik.

Lilik juga menambahkan, BNPB siap menerima perintah dan arahan di bawah kepemimpinan Ganip Warsito untuk keberhasilan dan kemajuan bangsa Indonesia, terutama di BNPB ke depan. 

"Mudah-mudahan BNPB ke depan di bawah komando yang baru, bapak Letjen Ganip Warsito akan terus menjadi lebih baik dan lebih baik, dengan program-program yang terlaksana dengan lancar," tutup Lilik.

Baca Juga: Digantikan Ganip, Ini Pesan Terakhir Doni Monardo sebagai Kepala BNPB

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya