Comscore Tracker

Butuh Donor Plasma Konvalesen? Hubungi Call Center BNPB Sekarang

Hanya perlu mengisi formulir permintaan plasma konvalesen

Jakarta, IDN Times - Kasus COVID-19 di Indonesia semakin merajalela, dan akhir-akhir ini penambahan angka kasus harian terus mencatatkan rekor tertinggi. Hal ini juga disertai peningkatan permintaan plasma konvalesen yang merupakan terapi untuk pasien COVID-19.

Plasma konvalesen diyakini dapat membantu pasien membentuk antibodi untuk melawan infeksi virus. Mungkin beberapa dari kalian pernah melihat kerabat atau orang terdekat yang sedang mencari dan membutuhkan plasma konvalesen. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kini telah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan TelkomGroup untuk menyediakan informasi mendapatkan plasma konvalesen melalui call center 117 ext. 5.

Lantas, bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

1. Minta ke rumah sakit dirawat

Butuh Donor Plasma Konvalesen? Hubungi Call Center BNPB SekarangPerawat menunjukan plasma konvalesen milik pasien sembuh COVID-19 di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Saat IDN Times mencoba menghubungi call center 117 ext. 5, petugas langsung dengan sigap memberikan beberapa informasi. Bagi masyarakat yang membutuhkan plasma konvalesen, dapat meminta plasma konvalesen ke rumah sakit tempat dirawat, saudara atau orang tua yang sedang dirawat.

Kemudian, pihak rumah sakit akan membuatkan surat pernyataan, untuk itu pemohon hanya perlu mengisi formulir surat permintaan plasma yang diberikan kepada rumah sakit. 

"Nantinya dari pihak rumah sakit akan meminta kepada PMI jika memang stoknya tersedia," ujar call canter Plasma Konvalesen saat dihubungi IDN Times, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Satgas COVID-19 Ajak Masyarakat Donasi Plasma Konvalesen

2. Daftar Wilayah dengan UDD PMI

Butuh Donor Plasma Konvalesen? Hubungi Call Center BNPB SekarangIlustrasi PMI/Dok.PMI Lombok Barat

Cara untuk mendapatkan plasma konvalesen cukup mudah, hanya saja tidak semua wilayah memiliki Unit Donor Darah (UDD) PMI yang merupakan tempat penyedia stok plasma konvalesen.

Adapun wilayah yang memiliki UDD PMI antara lain, Jakarta, Tangerang, Sumatra (Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang), Lampung, Jawa Tengah (Semarang, Banyumas, Cilacap, Surakarta), Jawa Timur (Surabaya, Malang, Sidoarjo, Lumajang, Kab. Tuban, Kab. Jember), Jawa Barat (Bandung, Bekasi, Cirebon, Bogor). 

3. Menghubungi call center plasma konvalesen

Butuh Donor Plasma Konvalesen? Hubungi Call Center BNPB SekarangPerawat menunjukan darah milik pasien sembuh COVID-19 untuk dijadikan sampel plasma konvalesen di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Jika kamu ingin menanyakan ketersediaan stok plasma konvalesen, kamu dapat menghubungi call center plasma konvalesen di nomor 117 dengan extension 5.

Nantinya, kamu akan ditanyakan wilayah tempat kamu berada dan diberikan nomor rujukan wilayah UDD PMI terdekat yang bisa kamu hubungi lebih lanjut untuk ketersediaan stok plasma konvalesen. 

Baca Juga: Bima Arya Donasi Plasma Konvalesen: Satu Donor Ditunggu 100 Pasien

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya