Comscore Tracker

Di Bawah Pimpinan Jokowi, Prabowo-Sandiaga Dinilai Pantas Jadi Menteri

Tapi usia 41-55 tahun menganggap keduanya tidak pantas

Jakarta, IDN Times - Pernah menjadi calon Presiden dan Wakil Presiden saat Pemilihan Presiden (Pilpes) 2019 melawan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, kini Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) bekerja di bawah pimpinan Jokowi.

Berdasarkan hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia pada April 2021 yang dirilis pada Selasa, 4 Mei 2021 menyatakan, masyarakat mengetahui posisi Prabowo dan Sandiaga saat ini yang bekerja di bawah pimpinan Jokowi setelah melawan Jokowi pada Pilpres 2019. Dalam survei tersebut masyarakat juga menyebut kedua tokoh tersebut pantas bekerja sebagai menteri.

Bagaimana hasil survei selengkapnya?

Baca Juga: Survei: Publik Lebih Pilih AHY Ketimbang Moeldoko pada Pilpres 2024

1. Prabowo dinilai pantas jadi menteri oleh masyarakat berusia 22-25 tahun

Di Bawah Pimpinan Jokowi, Prabowo-Sandiaga Dinilai Pantas Jadi MenteriIDN Times/Irfan Fathurohman

Keputusan Prabowo menjadi menteri diketahui masyarakat dengan persentase sebanyak 82,5 persen. Dari banyaknya masyarakat yang mengetahui hal tersebut, 74,4 di antaranya menjawab Prabowo pantas menjadi menteri. 

Berdasarkan usia, Prabowo banyak dinilai pantas menjadi menteri oleh masyarakat berusia 22-25 tahun dengan persentase 85,5 persen. Namun untuk usia 41-55 tahun menjawab, Prabowo tidak pantas menjadi menteri dengan persentase paling banyak sebesar 18,7 persen. 

Masyarakat yang menjawab Prabowo pantas menjadi menteri unggul di wilayah DKI Jakarta sebesar 89 persen dan Jawa Timur 84,1 persen. Namun, tidak unggul pada masyarakat yang menjawab tidak pantas di wilayah Banten 30,8 persen dan Kalimantan 22,7 persen. 

2. Sandiaga layak menjadi menteri di mata masyarakat DKI Jakarta dan Jawa Tengah

Di Bawah Pimpinan Jokowi, Prabowo-Sandiaga Dinilai Pantas Jadi MenteriSandiaga Uno. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sandiaga yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf) di bawah pimpinan Jokowi setelah melawan Jokowi pada Pilpres 2019, diketahui oleh masyarakat sebanyak 77,2 persen, dan 79 persen di antaranya menjawab Sandiaga pantas menjadi menteri. 

Sama seperti Prabowo, Sandiaga dinilai pantas menjadi menteri oleh masyarakat yang juga berusia 22-25 tahun sebanyak 86,2 persen, dan usia 41-55 tahun yang menilai Sandiaga tidak pantas menjadi menteri dengan persentase 15,2 persen.

Selain itu, Sandiaga memiliki wilayah keunggulan yang sama di DKI Jakarta yang menilainya pantas dengan 92,2 persen dan Jawa Tengah 85,8 persen, serta tidak unggul di masyarakat wilayah Kalimantan 22,7 persen, dan wilayah lainnya 20,6 persen yang menjawab Sandiaga tidak pantas menjadi menteri.

3. Sebanyak 1.200 responden dilibatkan dalam survei ini

Di Bawah Pimpinan Jokowi, Prabowo-Sandiaga Dinilai Pantas Jadi MenteriDirektur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Untuk mendapatkan hasil survei ini, Indikator Politik Indonesia melakukan survei menggunakan metode kontak telepon dengan sampel sebanyak 1.200 responden, yang dipilih secara acak dan digelar pada rentang 13-17 April 2021.

Kemudian, dari ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, yang berasal dari seluruh provinsi dan terdistribusi secara proporsional.

Baca Juga: Survei Indikator: Ganjar Ungguli Anies-Prabowo sebagai Capres Pilihan

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya