Comscore Tracker

Dinilai Sukses Saat Jabat Menko PMK, Puan Diusulkan Jadi Capres 2024

Puan direkomendasikan oleh 15 PAC DPC PDIP

Jakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Pekanbaru mengusulkan Puan Maharani untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu karena Puan dinilai sukses saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) pada periode pertama pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Alasan yang disampaikan pada rakercab (rapat kerja cabang) tersebut karena pertama berdasarkan keorganisasian Puan menjadi Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sudah tidak diragukan lagi. Selama jadi Menko PMK, beliau juga terbilang sukses," ujar Ketua DPC PDIP Pekanbaru, Robin P. Hutagalung, dikutip dari ANTARA, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Ganjar Buka Suara soal Polemik dengan Puan Maharani

1. Rekam jejak di bawah kepemimpinan Puan dinilai baik

Dinilai Sukses Saat Jabat Menko PMK, Puan Diusulkan Jadi Capres 2024Ketua DPR RI Puan Maharani (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Pengusulan nama Puan menjadi capres karena Robin melihat sosok Puan mumpuni untuk menjadi presiden. Terlebih lagi, ia mengatakan, hal itu dapat dilihat dari rekam jejak kepemimpinan Puan yang sukses dalam memimpin sebuah organisasi.

"Sekarang menjadi ketua DPR RI di mana proses legislasi dan program-program di bawah kepemimpinan beliau juga berjalan dengan baik," ujar Robin.

2. Puan memiliki kesamaan dengan Megawati

Dinilai Sukses Saat Jabat Menko PMK, Puan Diusulkan Jadi Capres 2024Dokumentasi mantan Wakil Presiden, Hamzah Haz (kiri), bersama Presiden Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri, dan Ketua DPR Puan Maharani menyapa wartawan saat menghadiri Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019, di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menurut Robin, yang menjadi unik adalah Puan memiliki banyak kesamaan dengan ibundanya, Megawati Soekarnoputri, yang merupakan Presiden ke-5 Indonesia dan saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PDIP.

"Antara Puan dan Ibu Mega memiliki banyak kesamaan. Salah satunya dari sisi kepemimpinannya," kata Robin.

3. Puan direkomendasikan jadi capres oleh 15 PAC DPC PDIP

Dinilai Sukses Saat Jabat Menko PMK, Puan Diusulkan Jadi Capres 2024Konferensi Pers Ultah PDIP ke-74 dan Rakernas 1 PDIP oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Diusulkannya Puan Maharani sebagai capres 2024 merupakan hasil dari keputusan saat rapat Pimpinan Anak Cabang Dewan Pimpinan Cabang (PAC DPC) PDIP se-Kota Pekanbaru pada 31 Mei lalu, dan Puan mendapatkan rekomendasi dari 15 PAC.

"Kami melakukan konsolidasi partai, membahas persiapan termasuk strategi pemenangan Pemilu 2024 mendatang. Nah, saat itu 15 PAC seragam menyampaikan untuk merekomendasikan Puan Maharani sebagai capres 2024," jelas Robin.

Baca Juga: Puan Maharani Klaim Tak Pernah Paksa Megawati Ambil Keputusan

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya