Gubernur Texas AS yang Anti Masker Positif COVID-19

Abbott diketahui menghadiri acara dengan banyak orang

Texas, IDN Times - Gubernur Texas Gregg Abbott yang sempat melarang penggunaan masker dinyatakan positif COVID-19. Sehari sebelumnya, ia diketahui menghadiri sebuah acara di dalam ruangan yang dipenuhi banyak orang.

"Gubernur Gregg Abbott hari ini dinyatakan positif COVID-19. Gubernur telah melakukan tes setiap hari, dan hari ini adalah tes positif pertama," ujar Juru Bicaranya, Mark Miner, dikutip dari pernyataan resmi Kantor Gubernur Texas, Rabu (18/8/2021).

"Semua orang yang berhubungan dekat dengan Gubernur hari ini telah diberitahu. Istri Gubernur, Cecilia Abbott, dinyatakan negatif," lanjutnya.

Baca Juga: [UPDATE] COVID-19 Dunia Sudah 209 Juta, Kasus Aktif Terbanyak di AS

1. Sudah vaksinasi dengan dosis lengkap

Gubernur Texas AS yang Anti Masker Positif COVID-19Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Mark Miner mengatakan, Abbott sudah melakukan vaksinasi COVID-19 dengan dosis lengkap, dan Abbott dikatakan dalam keadaan sehat dan tidak mengalami gejala. Namun, Abbott akan melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Gubernur akan isolasi di rumah dan terus melakukan tes setiap hari. Gubernur Abbott menerima perawatan koktail antibodi," ujar Mark Miner.

2. Lebih dari 20.000 kasus baru COVID-19 terkonfirmasi di Texas

Gubernur Texas AS yang Anti Masker Positif COVID-19Walter Rivera, direktur pasar grosir Coche meneriakkan peraturan untuk mencegah penularan penyakit virus corona (COVID-19) ke penjual dan pembeli di tengah penyebaran penyakit tersebut di Caracas, Venezuela, 23 Juli 2020 (ANTARA FOTO/REUTERS/Manaure Quintero)

Texas melaporkan, terdapat lebih dari 20.000 kasus baru yang terkonfirmasi dan rawat inap COVID-19 melonjak 300 persen dalam sebulan terakhir. Bahkan, diagnosis Abbott muncul saat Texas alami lonjakan kasus COVID-19.

Menurut mantan kandidat presiden dan mantan wali kota San Antonio Julian Castro, Abbott terlalu mementingkan karier politiknya ketimbang kesehatan masyarakat sejak awal.

"Gubernur Abbott telah menempatkan politik utama Partai Republiknya sendiri di atas kesehatan masyarakat sejak hari pertama," ujar Castro dikutip dari Forbes, Rabu (18/8/2021).

Meski demikian, Castro berharap Abbott cepat pulih agar dapat lebih bertanggung jawab pada masyarakat Texas.

"Saya berharap dia cepat pulih. Saya juga berharap dia akan bertindak lebih bertanggung jawab atas nama anak-anak dan keluarga Texas," lanjutnya.

3. Menentang keras aturan masker

Gubernur Texas AS yang Anti Masker Positif COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Abbott merupakan gubernur yang menentang keras aturan pemakaian masker. Ia mengatakan, Texas mengambil langkah melawan pandemik COVID-19 dengan melakukan vaksinasi, terapi antibodi, dan praktik keselamatan kesehatan sukarela.

"Kami dapat terus mengurangi COVID-19 sambil mempertahankan kebebasan orang Texas untuk memilih apakah mereka bermasker atau tidak," ujarnya.

Bahkan, aturannya tersebut bertentangan dengan pedoman terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CD) AS demi keselamatan siswa di tengah pandemik COVID-19, dan Abbott diketahui masih terlibat dalam perlawanan hukum dengan distrik sekolah lokal Texas akan hal itu.

Baca Juga: Indonesia Terima Bantuan 150 Ventilator dari Amerika Serikat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya