Comscore Tracker

Heboh Gempa dan Tsunami, BMKG Jelaskan Perbedaan Potensi dan Prediksi

Belum ada yang bisa prediksi gempa

Jakarta, IDN Times - Publik dihebohkan oleh pemberitaan di media sosial yang menyebutkan adanya potensi gempa dan tsunami besar di wilayah Indonesia. Kehebohan tersebut membuat Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, terpaksa 'turun gunung'. 

"Entah sampai kapan kawan-kawan ini bisa paham arti kata prediksi dan potensi," demikian cuit akun Daryono @DaryonoBMKG pada Minggu (13/6/2021). Dalam cuitan tersebut Daryono juga menyertakan tangkapan layar salah satu berita di media sosial yang menyinggung soal gempa dan tsunami.

1. Perbedaan potensi dan prediksi

Melalui unggahan twitternya, Daryono menjelaskan bahwa ada perbedaan antara potensi dan prediksi.

"POTENSI: ada bahaya dan ada lokasinya, tetapi kapan terjadinya tidak ada yang tahu. Sedangkan PREDIKSI: ada bahaya, ada lokasinya, dan kemungkinan kapan waktu terjadinya," cuit Daryono dalam akun Twitter miliknya.

Baca Juga: Tsunami Dahsyat Ancam Selatan Jawa, Ini 3 Mitigasi yang Disiapkan

2. Belum ada yang bisa memprediksi gempa

Heboh Gempa dan Tsunami, BMKG Jelaskan Perbedaan Potensi dan PrediksiIlustrasi lingkungan (IDN Times/Sukma Shakti)

Tak hanya melalui Twitter, Daryono juga mengunggah keluhannya terkait ketidaktahuan masyarakat akan potensi dan prediksi di akun Instagramnya. Ia juga sekaligus menjelaskan bahwa belum ada yang bisa memprediksi gempa.

"Tidak tahu, pura-pura tidak tahu, atau tidak mau tahu ya, kalau hingga saat ini belum ada satupun makhluk di bumi yang mampu memprediksi gempa," tulis Daryono dalam unggahan akun Instagramnya @daryonobmkg.

3. Ajak masyarakat memahami perbedaan

Heboh Gempa dan Tsunami, BMKG Jelaskan Perbedaan Potensi dan PrediksiANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Daryono mengajak masyarakat untuk memahami perbedaan antara potensi dan prediksi. Karena sangat disayangkan jika kata potensi diartikan sebagai sebuah prediksi.

"Mari kita pahami dua kata ini," cuit Daryono melalui akun twitternya.

Baca Juga: Prediksi Gempa Bumi, BMKG Lakukan Kajian Prekursor

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya