Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk Palestina

Indonesia akan terus dukung Palestina

Jakarta, IDN Times - Konflik antara Israel dengan Palestina menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia. Menyikapi hal ini, Indonesia pun tak tinggal diam. Sebagai negara sahabat, Indonesia turut serta membantu Palestina melalui berbagai upaya, seperti jalur diplomasi dan donasi.

Seperti yang disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Februari 2021, melalui konferensi pers bahwa dukungan Indonesia untuk perjuangan Palestina tidak tergoyahkan.

Mengutip salah satu unggahan dari akun Instagram Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) @kemlu_ri pada 17 Mei 2021, ada beberapa aksi dukungan berupa upaya yang dilakukan Indonesia untuk Palestina, yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: Memahami Two-State Solution, Solusi Israel-Palestina yang Sulit Diraih

1. Mengupayakan berbagai upaya diplomatik

Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk PalestinaAksi bela Palestina. IDN Times/Debbie Sutrisno

Indonesia terus mengupayakan berbagai upaya diplomatik, demi menghentikan agresi Israel terhadap Palestina.

"Kami mengutuk dalam istilah terkuat pelanggaran dan agresi terang-terangan yang berulang kali dilakukan oleh Israel, yang menargetkan warga sipil di seluruh wilayah pendudukan Palestina, khususnya di Yerusalem Timur dan Jalur Gaza," tulis Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada akun Twitternya @jokowi, Minggu, 16 Mei 2021.

2. Mengecam tindakan Israel terhadap warga sipil Palestina

Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk PalestinaAksi bela Palestina di depan Gedun Merdeka, Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Indonesia juga mengecam kekerasan yang dilakukan aparat keamanan Israel terhadap warga sipil Palestina, yang terjadi dalam sejumlah bentrokan di kompleks Masjid Al Aqsa dan pengusiran permukiman warga Palestina di Sheikh Jarrah, Yerusalem.

"Pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tidak boleh diabaikan," tulis Jokowi.

3. Mendesak DK PBB untuk mengambil langkah nyata

Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk PalestinaDok.IDN Times/Istimewa

Indonesia mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk mengambil langkah nyata, terhadap pelanggaran yang dilakukan Israel.

"Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel. Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina," tulis Jokowi.

4. Menghentikan seluruh kekerasan pada Palestina melalui semua lini

Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk PalestinaWarga Palestina berkumpul di lokasi di mana sebuah rumah hancur akibat serangan udara Israel, di tengah konflik Israel-Palestina, di selatan Jalur Gaza, Rabu (12/5/2021). (ANTARA REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/aww.)

Indonesia juga berusaha semaksimal mungkin di semua lini, termasuk Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People (CEIRPP), Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Gerakan Non Blok (GNB), hingga mendesak DK PBB untuk mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan serta perlindungan bagi rakyat Palestina.

"Menlu menyerukan persatuan negara-negara OKI dan persatuan di kalangan internal pemangku kepentingan di Palestina. Tanpa persatuan maka perjuangan mendukung Palestina akan sangat sulit di negara-negara OKI. Perbedaan faksi dan pendapat sementara dihilangkan dulu dan dialihkan untuk menghentikan kekerasan dan konflik di Palestina," ujar Direktur Timur Tengah Kemenlu Bagus Hendraning Kobarsyih dalam Seminar Internasional Diplomasi Indonesia dalam Konflik Palestina-Israel yang digelar secara virtual, Selasa, 18 Mei 2021.

5. Berkomunikasi langsung dengan para menteri luar negeri negara sahabat

Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk PalestinaMenteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika memberikan briefing (Dokumentasi Kemenlu)

Untuk membahas isu Palestina, Menlu juga telah berkomunikasi langsung dengan para menteri luar negeri negara-negara sahabat, antara lain:

  • Palestina
  • Malaysia
  • Brunei Darussalam
  • Mesir 
  • Yordania
  • Turki
  • Saudi Arabia
  • Qatar
  • Tunisia
  • Vietnam
  • India
  • Norwegia
  • Inggris
  • HRVP (High Representative of the Union for Foreign Affairs and Security Policy) Uni Eropa.

Baca Juga: Perjuangan Perempuan Turun ke Jalan di Tengah Konflik Israel-Palestina

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya