Jenazah Anggota DPR Percha Dimakamkan Hari Ini, Sempat Positif COVID 

Percha Leanpuri meninggal 10 hari usai lahirkan bayi kembar

Jakarta, IDN Times - Jenazah almarhumah anggota Komisi IX DPR RI periode 2019-2014 daerah pemilihan Sumatera Selatan (Sumsel) II, Percha Leanpuri, dimakamkan di pemakaman keluarga Jalan Sungailacak Kecamatan Gandus, Kota Palembang hari ini, Jumat (20/8/2021) sekitar pukul 09.58 WIB. Jenazah dibawa ke pemakaman menggunakan mobil ambulans rumah sakit.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahwa mewakili pihak keluarga, menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang mengenal almarhumah Percha, jika ada tindakan almarhumah yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

"Mohon doa supaya almarhumah diterima amal ibadahnya dan pihak keluarga diberikan ketabahan, kami ikhlas," ujar Mawardi dikutip dari ANTARA.

Jenazah almarhumah Percha diantar ke tempat peristirahatan terakhir oleh putra sulungnya, Muhammad Mandala Sultan Persyah, yang dituntun oleh ayahnya, Syamsuddin Isaac Suryamanggala, beserta kakek dan neneknya, Herman Deru dan Febi Lucita Deru.

Baca Juga: Anggota DPR Percha Leanpuri Meninggal Usai Melahirkan, NasDem Berduka

1. Terkonfirmasi positif COVID-19 sebelum melahirkan

Jenazah Anggota DPR Percha Dimakamkan Hari Ini, Sempat Positif COVID Ilustrasi positif COVID-19/Istimewa

Percha Leanpuri merupakan putri sulung dari Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Percha meninggal dunia dalam usia 35 tahun, 10 hari setelah melahirkan bayi kembar.

Sebelumnya ia dirawat intensif selama hampir dua pekan oleh dokter spesialis penyakit paru-paru dalam kondisi sedang mengandung.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Sumsel, Akhmad Najid mengatakan, sebelum melahirkan almarhumah Percha sempat terkonfirmasi positif COVID-19.

2. Melahirkan bayi kembar usai dinyatakan negatif COVID-19

Jenazah Anggota DPR Percha Dimakamkan Hari Ini, Sempat Positif COVID Percha Leanpuri. (instagram.com/perchahd)

Sehari sebelum melahirkan, Percha yang merupakan kader Partai Nasdem dinyatakan negatif dan sembuh dari COVID-19. Pada Senin, 9 Agustus 2021, ia melahirkan bayi kembar berjenis kelamin laki-laki dan perempuan secara sesar.

Kedua anaknya lahir dalam kondisi sehat, tetapi satu di antaranya saat ini masih dirawat di rumah sakit untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

3. Kondisi kesehatan naik turun usai melahirkan

Jenazah Anggota DPR Percha Dimakamkan Hari Ini, Sempat Positif COVID Percha Leanpuri. (instagram.com/perchahd)

Setelah melahirkan, Najid mengatakan, kondisi kesehatan almarhumah naik turun kadang sehat kadang sakit, hingga akhirnya dokter menyatakan Percha meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Mohammad Hoesin, Palembang pada Kamis (19/8/2021) pukul 17.45 WIB. 

"Saya ada di sana di dalam mobil ambulans menemani dan mengantarkan beliau," ujar Najid.

Diketahui, almarhumah Percha meninggalkan tiga orang anak dan suaminya, Syamsuddin Isaac Suryamanggala dan tiga saudara perempuan Samantha Tivani Deru, Leony Marezza Putri Deru, dan Ratu Tenny Leriva Deru.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya