Comscore Tracker

Jumlah Pasien Rawat Inap COVID-19 Berkurang Lagi

Belum ada korban jiwa akibat COVID-19 di Batam

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira tak hanya datang dari perayaan Idul Fitri. Sejumlah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta juga mengalami pengurangan pasien rawat inap pada Kamis (13/5/2021).

"Ada pengurangan jumlah pasien rawat inap sebanyak 47 orang," ujar Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Kolonel Marinir, Aris Mudian dikutip dari ANTARA.

Selain itu, Aris juga menerangkan perkembangan situasi Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Batam. Ia mengatakan bahwa Batam mengalami hal yang serupa, dengan adanya pengurangan jumlah pasien rawat inap yang terdampak COVID-19.

"Ada pengurangan sebanyak lima orang," ujar Aris.

1. Jumlah pasien positif berkurang dari satu hari sebelumnya

Jumlah Pasien Rawat Inap COVID-19 Berkurang LagiIlustrasi pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Pada RSD Wisma Atlet Jakarta, satu hari sebelumnya jumlah pasien rawat inap terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 1.247, namun karena adanya pengurangan pasien pada hari ini, pasien rawat inap di Tower 4,5,6 dan 7 itu saat ini tersisa 1.200 orang.

Sedangkan di RSKI Pulau Galang Batam, jumlah pasien rawap inap sebelumnya sebanyak 247 pasien sampai adanya pengurangan saat ini menjadi 242 orang yang masih menjalani rawat inap.

Baca Juga: Wisma Atlet untuk Karantina Beda Lokasi dengan RS Darurat Wisma Atlet

2. Dalam waktu kurang lebih satu tahun, belum ada korban jiwa akibat COVID-19 di Batam

Jumlah Pasien Rawat Inap COVID-19 Berkurang LagiIlustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Sejauh ini disampaikan, dalam kurun waktu kurang lebih setahun RSKI Pulau Galang belum melaporkan adanya korban jiwa akibat COVID-19.

Sementara, RSD Wisma Atlet Jakarta dalam kurun waktu yang sama, Aris mencatat jumlah pasien meninggal sebanyak 87 orang.

3. Perkembangan pasien rawat inap COVID-19

Jumlah Pasien Rawat Inap COVID-19 Berkurang LagiIlustrasi petugas medis melakukan perawatan terhadap pasien terinfeksi virus corona (COVID-19) di instalasi khusus. ANTARA FOTO/REUTERS/Ronen Zvulun

Terhitung dari 23 Maret 2020 hingga hari ini, 13 Mei 2021 Aris menyampaikan bahwa pasien yang dirujuk ke RSD Wisma Atlet mencapai 83.088 orang. Dari jumlah ini, 80.963 pasien COVID-19 dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit, serta 838 pasien dirujuk ke rumah sakit lain.

Kemudian, di RSKI Pulau Galang Batam terhitung dari 12 April 2020 sampai hari ini, 13 Mei 2021 menerima 13.675 pasien. Sejumlah 6.094 pasien diantaranya dinyatakan sembuh, dan 42 pasien dirujuk ke rumah sakit lain serta 7.297 pasien suspek sudah selesai menjalani perawatan.

Baca Juga: WHO: Varian COVID-19 dari India Terdeteksi di 44 Negara

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya