Comscore Tracker

Kemendagri dan KemenPAN-RB Kerja Sama Sederhanakan Birokrasi Pemda

Kemendagri sedang fokus dalam penyederhanaan struktur

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik mengatakan, Kemendagri bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk menyederhanakan birokrasi di pemerintahan daerah (pemda).

"Secara teknis implementasi penyederhanaan birokrasi di lingkup pemda, kami berkolaborasi dengan Kementerian PAN-RB. Tujuannya agar pemda tidak bingung dalam implementasinya, sehingga diharapkan implementasi penyederhanaan birokrasi dipercepat," ujar Akmal melalui keterangan resminya, yang dikutip Selasa (29/6/2021).

Menurut Akmal, kerja sama Kemendagri dengan Kementerian PAN-RB merupakan dasar dari fokus pembangunan Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada tahun 2020-2024, di mana salah satunya mengenai penyederhanaan birokrasi.

Baca Juga: Luhut: Birokrasi Kita Itu Benar-Benar Feodal!

1. Ada 2 tahap penyederhanaan birokrasi

Kemendagri dan KemenPAN-RB Kerja Sama Sederhanakan Birokrasi PemdaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Akmal mengatakan, ada dua tahap dalam penyederhanaan birokrasi di lingkup pemda.  Kedua tahap itu sesuai Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 17 Tahun 2021 dan Nomor 25 Tahun 2021.

Kedua tahap itu yakni pertama adalah penyederhanaan struktur, dan kedua penyetaraan jabatan.

2. Kemendagri sedang fokus dalam penyederhanaan struktur

Kemendagri dan KemenPAN-RB Kerja Sama Sederhanakan Birokrasi PemdaDirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik (Dok. Puspen Kemendagri)

Saat ini, kata Akmal, Kemendagri sedang fokus dalam penyederhanaan struktur. Secara mekanisme, penyederhanaan struktur terdiri dari beberapa tahapan di antaranya usulan pemda, validasi, tindak lanjut hasil validasi, pertimbangan teknis, dan persetujuan.

"Persetujuan penyederhanaan struktur bagi pemda provinsi oleh Kemendagri atas pertimbangan teknis Kementerian PAN-RB. Sedangkan persetujuan penyederhanaan struktur bagi pemda kabupaten/kota oleh pemda provinsi atas pertimbangan teknis Kemendagri," ujar Akmal.

3. Pertimbangan teknis penyederhanaan struktur telah diberikan kepada 128 kabupaten/kota

Kemendagri dan KemenPAN-RB Kerja Sama Sederhanakan Birokrasi PemdaIDN Times/Tunggul Kumoro

Saat ini Kemendagri telah memberikan pertimbangan teknis penyederhanaan struktur kepada 128 pemda kabupaten/kota. Kemudian, terdapat 18 pemerintah provinsi yang telah divalidasi Kemendagri dan diserahkan ke Kementerian PAN-RB untuk mendapatkan pertimbangan teknis.

"Bagi pemda provinsi dan pemda kabupaten/kota yang telah mendapatkan pertimbangan dan persetujuan, maka telah dapat menetapkan SOTK baru dalam peraturan kepala daerah. Selanjutnya, pemda diminta untuk segera mengusulkan dalam penyetaraan jabatan," tutup Akmal.

Baca Juga: Tak Mau Diskriminasi, Kemendagri Beri Layanan e-KTP bagi Transgender

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya