PGI Akan Sulap Gereja Jadi Ruang Isolasi Pasien COVID-19

PGI akan bantu pemerintah menanggulangi COVID-19

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Pendeta Gomar Gultom, mengatakan akan menyulap sejumlah gereja untuk tempat isolasi mandiri pasien COVID-19.

Dalam arahannya, ia juga meminta agar penyediaan isolasi mandiri tersebut dikoordinasikan dengan fasilitas kesehatan. Sehingga, kondisi pasien yang melakukan isolasi mandiri tetap terpantau.

"Kami mendorong gereja-gereja untuk mengubah seluruh fasilitas gereja berupa asrama dan wisma tamu untuk ditransformasikan sebagai ruang-ruang isoman. Tapi kami tetap minta ada pusat kesehatan yang bisa berkoordinasi dengan tempat isoman ini. Supaya jika terjadi keadaan darurat tetap bisa tertangani," ujar Gultom dikutip dari ANTARA, Kamis (29/7/2021).

1. Gereja ikut andil dalam menanggulangi COVID-19 bersama pemerintah

PGI Akan Sulap Gereja Jadi Ruang Isolasi Pasien COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Gultom mengatakan, PGI dengan seluruh gereja-gereja akan turut membantu pemerintah menanggulangi pandemik COVID-19. Tak hanya itu, pihaknya juga akan membantu dari sisi edukasi pada masyarakat mengenai situasi pandemik saat ini.

"Pak Menko, kami dari PGI dengan seluruh gereja-gereja di Indonesia ada bersama pemerintah untuk menanggulangi masalah COVID ini. Pertama masalah kesehatan atau penanggulangan virusnya. Kedua ikut dalam mencerdaskan masyarakat untuk lebih paham dengan situasi terkini, beberapa gereja juga ikut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah ekonomi," ujar Gultom saat berdialog dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Berdasarkan data situs PGI, organisasi agama Kristen Protestan yang menginduk kepada Dewan Gereja Dunia memiliki 89 organisasi anggota di seluruh Indonesia, termasuk cabang-cabang beberapa gereja anggota di luar negeri.

Baca Juga: Panduan Isolasi Mandiri untuk Anak dari IDAI, Ortu Wajib Tahu!

2. PGI usul ke Mahfud MD agar melibatkan tokoh lintas agama

PGI Akan Sulap Gereja Jadi Ruang Isolasi Pasien COVID-19Ilustrasi Toleransi Agama (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebagai bentuk penanggulangan pandemik COVID-19 bersama pemerintah, Sekretaris Umum PGI Pendeta Jacky Manuputty mengusulkan kepada Mahfud MD untuk menggalang gerakan solidaritas kemanusiaan yang melibatkan tokoh lintas agama.

"Pak Menko, kami berharap kita dapat menggalang gerakan solidaritas kebangsaan dan solidaritas kemanusiaan. Mungkin bisa disuarakan secara simbolis dengan pemuka-pemuka agama," kata Manuputty.

Tak hanya itu, Manuputty juga mengatakan PGI membantu pemerintah melalui penggalangan tenaga dan kekuatan untuk menangani COVID-19.

"Beberapa gereja di Jakarta dan Sulawesi Selatan sudah dipakai sebagai tempat isoman, dengan tenaga kesehatan (nakes) yang digalang dari sumber daya yang ada dan bekerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas)," jelas Manuputty.

3. Mahfud akan mempertimbangkan masukan dan kritik dari PGI kepada pemerintah

PGI Akan Sulap Gereja Jadi Ruang Isolasi Pasien COVID-19IDN Times/Galih Persiana

Menanggapi usulan tersebut, Mahfud menyampaikan apresiasi dan telah mencatat beberapa masuk dan kritik dari PGI kepada pemerintah untuk menjadi pertimbangan dalam menyusun langkah-langkah strategis.

"Saatnya kita bertindak bersama dengan tindakan nyata yang membangun solidaritas. Kami punya deputi 6 yang bisa mengurusi hal seperti ini nanti. Ini bisa direncanakan dengan cepat dan baik," kata Mahfud.

"Terima kasih bapak ibu pendeta dari PGI sudah mengimbau gereja-gereja untuk ikut serta dalam proses penanganan COVID-19, termasuk vaksinasi kemudian penyediaan tempat dan pelayanan terhadap umat," lanjutnya.

Baca Juga: Rasa Haru Menko Mahfud Vs Haru Rakyat di Pusara COVID-19

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya