Comscore Tracker

Rencana Pelonggaran PPKM, DPR: Kalau Perlu 1 Juta Testing per Hari

"Jumlah testing dan tracing harus ditingkatkan."

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Charles Honoris, menanggapi rencana pemerintah melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 pada 26 Juli 2021 mendatang. Menurutnya testing dan tracing perlu ditingkatkan hingga satu juta testing per hari.

"Ketika kita sedang menghadapi kondisi darurat seperti ini, jumlah testing dan tracing justru harus ditingkatkan berkali-kali lipat, bahkan kalau perlu hingga 1 juta testing per hari," ujar Charles dalam keterangan resminya, Kamis (22/7/2021).

1. Jumlah testing dan tracing tidak boleh turun

Rencana Pelonggaran PPKM, DPR: Kalau Perlu 1 Juta Testing per HariKecamatan Medan Tuntungan lakukan Tracing kepada pedagang dan warga sekitar Pasar Melati Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sehari setelah Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengumumkan perpanjangan PPKM level 4 pada Rabu (21/7/2021), jumlah testing menurun menjadi 153.330 spesimen, terendah selama sepekan terakhir. Menurutnya, hal tersebut tidak boleh terjadi.

"Penurunan jumlah testing dan tracing ini seharusnya tidak boleh terjadi dengan alasan apapun," kata Charles.

Baca Juga: Polisi: Pengamanan PPKM Level 4 dengan PPKM Darurat Sama

2. Data tren penularan menurun harus dibarengi dengan peningkatan testing dan tracing

Rencana Pelonggaran PPKM, DPR: Kalau Perlu 1 Juta Testing per HariTracing yang dilakukan di lingkungan Pemkab Sleman. Dok: istimewa

Agar data penularan semakin riil Charles mengatakan data tren penularan menurun hrarus dibarengi dengan peningkatan jumlah testing dan tracing.

"Semakin banyak jumlah testing dan tracing, semakin riil juga data penularan dengan kondisi penularan sebenarnya di lapangan," ujar Charles.

Charles juga menambahkan harapannya jumlah testing dan tracing yang tinggi dapat mendekati kondisi sebenarnya, sehingga keputusan pemerintah dalam perpanjangan PPKM level 4 menjadi keputusan yang tepat.

"Kesalahan data dalam rencana pelonggaran PPKM Level 4 tidak boleh terjadi, agar gotong-royong seluruh elemen bangsa dalam penanggulangan Covid-19 selama ini tidak menjadi sia-sia," jelas Charles.

3. Perlu perbanyak sarana dan prasarana isolasi

Rencana Pelonggaran PPKM, DPR: Kalau Perlu 1 Juta Testing per HariIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Tak hanya testing dan tracing, sarana dan prasarana isolasi juga perlu diperbanyak sebagai kunci untuk meredam laju infeksi COVID-19.

"Jadi kalaupun pelonggaran PPKM level 4 dilakukan, asal jumlah tesnya banyak dan terlacak, maka pasien COVID-19 bisa segera diisolasi untuk mencegah penularan," ujar Charles.

Baca Juga: Mulai Diterapkan Besok, Ini Beda PPKM Mikro dengan PPKM Sebelumnya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya