Sah! Jokowi Lantik Sugianto-Edy Jadi Gubernur-Wakil Gubernur Kalteng

Jokowi lantik gubernur Kalteng di Istana

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi melantik Sugianto Sabran dan Edy Pratowo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (25/5/2021) pukul 10.00 WIB, yang dipantau melalui siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

"Saya Sugianto Sabran gubernur Kalimantan Tengah beserta Edy Pratowo sebagai wakil gubernur Kalteng, mengucapkan ribuan terima kasih kepada dukungan masyarakat Kalteng kepada kami," ujar Sugianto melalui keterangan persnya, Selasa (25/5/2021).

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76 P Tahun 2021,  masa jabatan Sugianto-Edy sebagai gubernur dan wakil gubernur Kalteng terhitung mulai 2021-2024, serta diberikan gaji pokok dan tunjangan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang sudah ditetapkan di Jakarta pada 5 Mei 2021. 

Baca Juga: Zona Merah COVID-19 Sisa 10 Daerah, Bali dan Kalteng Mendominasi

1. Pesan pertama Sugianto, ingatkan Kalteng bersama melawan COVID-19

Sah! Jokowi Lantik Sugianto-Edy Jadi Gubernur-Wakil Gubernur KaltengPelantikan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran (youtube.com/Sekretariat Presiden).

Setelah pengambilan foto bersama Jokowi, Sugianto mengatakan, Jokowi berpesan agar mengendalikan COVID-19 di Kalteng.

Sebagai gubernur Kalteng yang baru dilantik, Sugianto mengatakan, pengendalian COVID-19 merupakan hal penting, dan pandemik harus dikendalikan agar ekonomi tetap tumbuh. Karena itu, ia berpesan kepada masyarakat Kalteng untuk bersama-sama melawan virus corona. 

"Pesan saya kepada masyarakat Kalteng, mari kita bersama melawan COVID-19, apalagi sekarang ada varian baru COVID-19 yaitu B1617. Mari kita gunakan protokol kesehatan dengan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan selalu menjaga jarak," ujar Sugianto. 

2. Sugianto akan fokus penanganan pandemik, ekonomi dan pembangunan Kalteng

Sah! Jokowi Lantik Sugianto-Edy Jadi Gubernur-Wakil Gubernur KaltengPelantikan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo di Istana Kepresidenan Jakarta. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sugianto berjanji akan bekerja fokus dalam mengendalikan COVID-19, perekonomian dan pembangunan di Kalteng.

"Kami pun dalam 100 hari kerja tetap bekerja seperti biasa, di samping pengendalian COVID-19, perekonomian, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), pembangunan dalam bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan dan pembangunan ekonomi masyarakat secara luas di Kalteng," kata dia. 

3. Sugianto ingatkan masyarakat Kalteng tidak termakan hoaks vaksinasi

Sah! Jokowi Lantik Sugianto-Edy Jadi Gubernur-Wakil Gubernur KaltengPelantikan gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan wakil gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, Sugianto mengingatkan masyarakat Kalteng agar tidak termakan hoaks terkait vaksin dan tetap melaksanakan vaksinasi tepat waktu.

"Saya minta kepada lanjut usia (lansia) dan masyarakat Kalteng jangan kena hoaks isunya, bahwa vaksin aman. Supaya ekonomi masyarakat Kalteng, serta berolahraga seperti biasa di bundaran besar, di seluruh Provinsi Kalteng supaya berjalan seperti biasa. Mari laksanakan vaksin tepat waktu, lansia kita bawa ke tempat pos-pos yang sudah kita siapkan," tutup Sugianto. 

Baca Juga: Menkes: Varian COVID-19 dari India Paling Banyak di Sumsel dan Kalteng

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya