Sore Ini! Istana Gelar Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Upacara bisa disaksikan secara live streaming

Jakarta, IDN Times - Istana Kepresidenan sore ini, Selasa (17/8/2021), akan menggelar upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta. Upacara ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Rangkaian upacara penurunan bendera Merah Putih dapat disaksikan mulai pukul 16.56 WIB. Sama seperti pagi tadi, upacara ini dilangsungkan secara luring dan daring karena pandemik COVID-19. 

Lantas, seperti apa susunan acara dari penurunan bendera Merah Putih tersebut?

1. Susunan acara penurunan bendera

Sore Ini! Istana Gelar Upacara Penurunan Bendera Merah PutihPengibaran Bendera Pusaka saat pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-76 pada Selasa, (17/8/2021) (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Setelah pengibaran bendera Merah Putih, rangkaian peringatan HUT ke-76 RI dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera. Berikut susunan acara upacara penurunan bendera Merah Putih:

16.56 WIB

  • Para undangan dan petugas upacara telah berada di Istana Merdeka
  • Pasukan Upacara memasuki lapangan
  • Komandan Upacara memasuki lapangan upacara
  • Para Ketua Lembaga Negara, Panglima TNI dan Kapolri mendahului menuju tempat
  • Presiden Joko "Jokowi" Widodo beserta Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Wury Ma’ruf Amin memasuki tempat upacara
  • Laporan Komandan Upacara
  • Persiapan Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih
  • Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya
  • Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  • Presiden Jokowi beserta Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Wury Ma’ruf Amin meninggalkan tempat upacara

17.37 WIB

Rangkaian upacara penurunan bendera Merah Putih selesai

Baca Juga: [BREAKING] Detik-detik Peringatan Proklamasi Dimulai, Jokowi Pimpin Upacara 

2. Dapat disaksikan masyarakat secara virtual

Sore Ini! Istana Gelar Upacara Penurunan Bendera Merah PutihSuasana Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Upacara penurunan bendera Merah Putih dapat disaksikan langsung masyarakat secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden dan seluruh TV nasional.

Acara penurunan bendera Merah Putih yang dapat disaksikan mulai pukul 15.00 WIB. Rangkaian acara dibuka dengan menyapa peserta upacara, hiburan stand up comedy, kuis berhadiah, penampilan kesenian, dan hiburan musik.

3. Peserta upacara terbatas

Sore Ini! Istana Gelar Upacara Penurunan Bendera Merah PutihTim Indonesia Tangguh, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Merdeka memasuki lapangan upacara pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan acara peringatan detik-detik Proklamasi dan penurunan bendera Merah Putih akan dilakukan seminimal mungkin seperti tahun lalu. Petugas upaccara yang hadir di Istana juga terbatas.

"Namun Paskibraka tetap disiapkan dengan formasi lengkap. Seperti dulu 17-8-45. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan jarak anggota pasukan yang diperlebar dan lain-lain. Demikian juga dengan TNI-Polri," terang dia.

Baca Juga: Ganjar Pakai Hazmat Pimpin Upacara HUT ke-76 RI dengan Para OTG  

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya