Comscore Tracker

Dubes RI Sajikan Kuliner Nusantara pada Pertemuan Dubes di Pyongyang

Kuliner Nusantara siap mendunia!

Jakarta, IDN Times - Pada pertemuan Duta Besar ASEAN Committee in Pyongyang (ACP) dengan Duta Besar Jerman, Duta Besar RI untuk Korea Utara menyajikan kuliner khas Nusantara. Sajian tersebut dihidangkan saat jamuan makan malam di Pyongyang Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK), Korea Utara pada Jumat (11/10).

"Kita menyajikan masakan Indonesia pada jamuan makan ini sebagai bagian dari promosi kuliner nusantara," ujar Duta Besar RI untuk Korea Utara, Berlian Napitupulu.

Pertemuan ini dihadiri oleh Kamboja, Indonesia, Laos dan Vietnam sebagai perwakilan ACP serta istri dari para duta besar.

1. Rendang dan nasi uduk jadi pilihan kuliner nusantara

Dubes RI Sajikan Kuliner Nusantara pada Pertemuan Dubes di Pyongyangdok.IDN Times/Istimewa

Dari banyaknya kuliner khas Nusantara yang ada di Indonesia, rendang dan nasi uduk masuk ke dalam menu yang ditampilkan pada saat jamuan makan malam. Selain kedua jenis kuliner nusantara tersebut, terdapat berbagai makanan lain, seperti ikan pesmol, udang asam manis, dan lumpia. Ternyata kuliner nusantara ini disukai para duta besar asing, lho! 

"Saya sangat senang bahwa para duta besar asing menyukai kuliner Indonesia yang kita sajikan. Mereka menyampaikan bahwa makanan khas Indonesia sangat lezat, kaya akan rasa dan bumbu. Saya kira ini adalah keunikan dan daya tarik masakan Indonesia yang perlu terus kita promosikan kepada masyarakat Internasional. Melalui makanan kita, mereka juga bisa lebih mengenal Indonesia," ujar Dubes Berlian.

Baca Juga: Setelah 10 Tahun, Seoul-Pyongyang akan Kembali Terhubung Jalur Kereta

2. Promosi kuliner Nusantara masuk dalam salah satu program utama KBRI Pyongyang

Dubes RI Sajikan Kuliner Nusantara pada Pertemuan Dubes di Pyongyangdok.IDN Times/Istimewa

Selain menyajikan kuliner nusantara kepada para duta besar ASEAN dan duta besar Jerman, penyajian kuliner nusantara ini merupakan salah satu cara promosi untuk mengenalkan masakan Indonesia kepada masyarakat setempat dan internasional di Pyongyang yang juga termasuk dalam program utama KBRI Pyongyang tahun ini. 

"Kita akan terus giatkan promosi kuliner Indonesia di negara ginseng ini. Tahun ini kita telah menyelenggarakan demo memasak untuk masyarakat setempat di Yaksu Cooperative Farm, promosi makanan Indonesia dalam bazaar internasional, serta jamuan makan dengan para duta besar Organisasi Kerjasama Islam," ujar Dubes Berlian.

3. Akan mengadakan Cooking Demo Series

Dubes RI Sajikan Kuliner Nusantara pada Pertemuan Dubes di Pyongyangdok.IDN Times/Istimewa

Bagi kamu yang sedang berada di Korea Utara dan rindu akan masakan khas Indonesia, tidak perlu khawatir lagi, karena nantinya KBRI Pyongyang akan melakukan cooking demo series untuk para koki di Pyongyang dan komunitas asing di Korea Utara yang akan menyajikan menu-menu Indonesia diberbagai restoran di Korea Utara.

"Makanan yang kami sajikan pada umumnya mendapat sambutan baik. Selanjutnya kami akan mengadakan cooking demo series untuk para koki di Pyongyang dan komunitas asing di Korea Utara. Tujuan akhirnya adalah hadirnya menu-menu Indonesia di berbagai restoran di Korea Utara" ujar Dubes Berlian.

Baca Juga: Indonesia-Korea Utara Perkuat Hubungan Lewat Surat Kepercayaan

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You