Mahasiswa UI Berhasil Ciptakan Ramambu, Penghilang Bau Sampah 

Ramambu sangat mudah dipakai, mau coba?

Jakarta, IDN Times - Bau sampah sering kali membuat tidak nyaman, khususnya bau sampah yang menyengat. Namun, mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) berhasil menciptakan inovasi untuk menghilangkan bau sampah menyengat. 

Inovasi tersebut diberi nama Ramambu yang berasal dari bahasa Jawa, yaitu Ora yang berarti tidak dan Mambu berarti bau tidak sedap. 

Baca Juga: 7 Menteri di Kabinet Jokowi Bukti Bahwa Universitas Indonesia Pencetak Menteri

1. Dibuat oleh 4 mahasiswa Universitas Indonesia

Mahasiswa UI Berhasil Ciptakan Ramambu, Penghilang Bau Sampah ui.ac.id

Inovasi Ramambu ini merupakan hasil ciptaan empat mahasiswa FMIPA UI, yang terdiri dari Aulia Brellian Pratama, Arfan Fauzi Soffan, Rabbil Pratama Aji, dan Deti Purwanti yang diketuai oleh Retno Lestari selaku dosen FMIPA UI.

Retno Lestari juga mengajak mahasiswanya untuk mengenalkan Ramambu kepada masyarakat bersama Yayasan Pandu Cendekia, UKM Pramuka UI, serta mendapat dukungan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI (DRPM UI).

2. Ramambu dibuat dari bahan semi organik

Mahasiswa UI Berhasil Ciptakan Ramambu, Penghilang Bau Sampah IDN Times/Feny Maulia Agustin

Bahan pembuatan Ramambu terdiri dari bahan-bahan semi organik. Bahan tersebut digunakan untuk menghilangkan bau pada sampah.

"Ramambu diharapkan dapat menjadi produk ramah lingkungan yang membuat lingkungan menjadi lebih nyaman." ujar Retno Lestari seperti dilansir Antara, Sabtu (10/8).

3. Ramambu sangat mudah dipakai

Mahasiswa UI Berhasil Ciptakan Ramambu, Penghilang Bau Sampah Dok. IDN Times/Istimewa

Ada dua jenis produk Ramambu, yaitu bubuk dan botol semprot. Cara penggunaannya pun mudah. Untuk produk dengan kemasan bubuk cukup ditaburkan saja pada permukaan sampah. Sedangkan untuk kemasan botol semprot hanya disemprotkan pada sampah yang memiliki bau menyengat.

Kemasan botol semprot mudah dibawa, karena hanya berisi 10ml. Selain itu, Ramambu dalam kemasan botol semprot juga dapat menghilangkan bau tidak sedap dari sepatu, helm, dan jaket.

Menarik sekali ya, apakah kamu tertarik untuk mencoba Ramambu ?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya