Comscore Tracker

Ajak Umat Berdoa Lawan COVID, Ma’ruf: Kapan Ijabahnya Urusan Allah SWT

Ma'ruf ingatkan doa adalah bagian dari ibadah kepada Tuhan

Jakarta, IDN Times- Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak umat Islam untuk berdoa kepada Allah SWT agar pandemik COVID-19 segera berakhir. Namun, dia juga mengingatkan, perkara kapan doa yang dipanjatkan terijabah merupakan hak prerogatif Tuhan.

“Kita berdoa untuk ibadah, urusan istijabah itu urusan Allah. Yang perlu kita ingat, Allah akan mengijabah pada waktu yang Allah mau, bukan waktu yang kamu mau. Oleh karena itu, istijabah merupakan hak prerogratif Allah,” kata Ma’ruf saat memberi sambutan pada acara Khataman Shalawat Nariyah dan Doa untuk Bangsa, yang ditayangkan virtual melalui TVNU, Senin (26/7/2021).

1. Kata Ma'ruf, Allah adalah sebaik-baiknya tempat melarikan diri

Ajak Umat Berdoa Lawan COVID, Ma’ruf: Kapan Ijabahnya Urusan Allah SWTWakil Presiden RI Maruf Amin Memimpin Salat Jumat di Masjid Baiturahman (Dok. Humas Setwapres)

Ma’ruf mengingatkan bahwa pandemik COVID-19 merupakan salah satu cobaan yang diberikan Allah SWT kepada umat muslim. Dalam menghadapi cobaan, kata Ma’ruf, sebaik-baiknya tempat untuk mengadu adalah Tuhan yang Maha Kuasa.

“Ke mana kira harus lari? Tidak ada tempat yang tidak berjumpa dengan musibah, bahkan musuh yang paling besar adalah nafsu, yang ada di diri kita dan terus kita bawa ke mana saja. Allah menyerukan larilah kepada Allah melalui doa, berlindung kepada Allah, dan ini adalah yang membedakan orang beriman dan tidak beriman,” tutur dia.

Baca Juga: Lawan COVID-19, Ma'ruf Amin Minta Warga NU Dukung Pemerintah 

2. Ada orang yang diuji dengan kesenangan dan kebahagiaan

Ajak Umat Berdoa Lawan COVID, Ma’ruf: Kapan Ijabahnya Urusan Allah SWTANTARA FOTO/Fathur Rochman

Di tengah pandemik COVID-19, ada sebagian orang yang tidak terlalu merasakan dampak ekonominya. Menurut Ma’ruf, mereka juga termasuk orang-orang yang diuji, namun mereka diuji berdasarkan kenikmatan yang mereka dapatkan.

“Kadang-kadang kita juga diuji dengan kebaikan dan kesenangan. Mungkin orang mengatakan enak diuji dengan kesenangan, tapi tidak juga, karena bersyukur juga tidak mudah,” ujar Ma’ruf.

“Orang beriman harus tahu bersikap, kapan bersabar kalau ada musibah, bersyukur kalau ada nikmat,” sambung dia.

3. Selain berdoa, Ma'ruf juga mengajak warga NU untuk berikhtiar

Ajak Umat Berdoa Lawan COVID, Ma’ruf: Kapan Ijabahnya Urusan Allah SWTTwitter/@nahdlatululama

Terakhir, selain berdoa, Ma’ruf juga meminta warga NU untuk berikhtiar. Di antara ikhtiar yang disoroti Ma’ruf adalah menjaga keutuhan bangsa dan umat dari pihak-pihak yang mengeksploitasi pandemik COVID-19 demi memperkaya diri sendiri.

Selain itu, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga meminta para ulama terlibat aktif dalam melawan misinformasi dan hoaks yang beredar di dunia maya.

“Rasulullah mengatakan minta pertolongan kepada Allah tapi jangan sampai tidak berikhtiar,” tutup dia.

Baca Juga: Ma'ruf Minta Jangan Ada yang Memanfaatkan Isu COVID Lawan Pemerintah

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya