Akhir Januari, Indonesia Bahas Pengiriman Vaksin Gratis dari COVAX

Joint Allocation Task Force lakukan pertemuan akhir bulan

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, mengatakan upaya diplomasi vaksin Indonesia melalui jalur multilateral membuahkan hasil berupa janji pemberian vaksin gratis dari COVAX untuk kebutuhan hingga 20 persen total penduduk.
 
“Sebagai salah satu negara COVAX AMC (Advanced Market Commitment), yaitu 92 negara berpenghasilan menengah ke rendah, Indonesia diperkirakan akan memperoleh vaksin secara gratis sebesar 3 hingga 20 persen penduduk,” ujar Retno dalam Rapat Dengar Pendapat dengan mitra kerja Komisi I DPR RI, Selasa (26/1/2021).

Kapan vaksin gratis itu datang?

Baca Juga: Indonesia Menanti Kiriman Vaksin COVID-19 Gratis dari COVAX

1. Jenis dan kapan vaksin tiba masih dalam pembicaraan

Akhir Januari, Indonesia Bahas Pengiriman Vaksin Gratis dari COVAXIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait kuantitas dan kapan vaksin akan tiba di Tanah Air, Menlu Retno menyampaikan bahwa tim perwakilan Indonesia masih berdiskusi di Genewa, Swiss di mana kantor pusat Badan Kesehatan Dunia (WHO) berada. Tapi Retno sempat mengatakan bahwa pihak COVAX sempat menjanjikan vaksin dapat dikirimkan sekitar kuartal kedua tahun ini.

“Jenis vaksin, besaran, dan waktu delivery (pengiriman) saat ini masih akan terus dibahas di Genewa melalui Joint Allocation Task Force yang akan melakukan pertemuan menjelang akhir Januari,” ujar alumni Universitas Gadjah Mada itu.

COVAX merupakan sebuah inisiatif yang dipimpin oleh aliansi vaksin GAVI, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI). Tujuan utama dari dibentuknya aliansi ini adalah untuk memastikan akses yang adil ke vaksin COVID-19 untuk negara-negara miskin.

Aliansi ini diluncurkan pada bulan April oleh WHO, Komisi Eropa, dan Prancis sebagai tanggapan atas pandemik COVID-19. “Menyatukan pemerintah, organisasi kesehatan global, produsen, ilmuwan, sektor swasta, masyarakat sipil, dan filantropi, dengan tujuan menyediakan akses inovatif dan setara ke diagnostik, perawatan, dan vaksin COVID-19,” jelas GAVI di situs resminya.

2. Indonesia memainkan peran sebagai Co-Chairs COVAX AMC EG

Akhir Januari, Indonesia Bahas Pengiriman Vaksin Gratis dari COVAX(Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di markas PBB New York) Kementerian Luar Negeri

Dalam tataran global, Indonesia turut memperjuangkan kesetaraan vaksin bagi semua negara melalui keterlibatannya sebagai Co-Chars COVAX AMC Engagement Groups. Ada tiga negara yang berperan sebagai Co-Chairs, yaitu Kanada mewakili negara donor dan Indonesia serta Ethiopia mewakili anggota COVAX AMC-92
 
“Kemarin 25 Januari kami bertiga sudah bertemu secara virtual untuk membahas pertemuan COVAX AMC EG pada 27 Januari besok. Akses kesetaraan vaksin bagi semua negara, terkhusus bagi negara berkembang dan negara kurang berkmebang adalah prioritas,” tambah dia.

Baca Juga: Menlu Retno Terpilih jadi Pimpinan Kerja Sama Vaksin di COVAX

3. Target diplomasi vaksin adalah memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia

Akhir Januari, Indonesia Bahas Pengiriman Vaksin Gratis dari COVAXInfografis Rencana Pengadaan Vaksin pada 2021 (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain jalur multilateral, Indonesia juga mengamankan vaksin melalui jalur bilateral untuk mengamankan pasokan vaksin. Ada vaksin dari perusahaan bioteknologi AS Novavax, vaksin perusahaan multinasional berbasis Inggris-Swedia AstraZeneca yang bekerja sama dengan Oxford University, serta farmasi AS Pfizer yang bekerja sama dengan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech.

“Dinamika lapangan terkait pengadaan vaksin masih sangat tinggi. Kami akan memantau semua dinamika yang teradi di lapangan. Untuk kepentingan domestik, jika upaya mengamankan pasokan vaksin melalui track bilateral dan multilateral berjalan lancar, insyaallah jumah vaksin yang diperoleh akan memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia,” tutup dia.

Baca Juga: Daftar 5 Pesanan Vaksin COVID-19 Indonesia dan Jumlahnya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya