Aksi 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Lalin di Jalan MH Thamrin Masih Lancar 

Sejauh ini aksi masih berlangsung aman

Jakarta, IDN Times - Lalu lintas (lalin) di Jalan MH Thamrin masih terpantau lancar meski sejumlah elemen masyarakat sudah mulai menggelar demonstrasi, untuk menolak omnibus law yang bertepatan dengan satu tahun kepemimpinan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.
 
Dilansir ANTARA, elemen mahasiswa dari Badan Eksekusif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) telah memadati kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat sejak pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Demo Dimulai, Mahasiswa: Mosi Tidak Percaya Harus Digaungkan!

1. Polisi dan dinas perhubungan sudah berjaga di lokasi demo

Aksi 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Lalin di Jalan MH Thamrin Masih Lancar Suasana demonstrasi Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin pada Selasa (20/10/2020) (Tangkap Layar CCTV Bali Tower)

Diprediksi sekitar lima ribu mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI, akan turun ke jalan untuk menolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law. Aksi bertajuk #MosiTidakPercaya itu direncanakan berlanjut hingga Istana Negara.
 
Petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta terpantau sudah bersiaga di lapangan, untuk mengarahkan kendaraan agar tidak menuju jalan Medan Merdeka Barat. Selain MH Thamrin, lalin menuju Medan Merdeka Selatan juga masih longgar dan dapat dilalui kendaraan. Kondisi senggang juga terlihat di Jalan Budi Kemuliaan.

2. Polres Jakpus kerahkan 6 ribu personel

Aksi 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Lalin di Jalan MH Thamrin Masih Lancar Suasana demonstrasi Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin pada Selasa (20/10/2020) (Tangkap Layar CCTV Bali Tower)

Selain mahasiswa, sejumlah serikat buruh juga menggelar longmarch dari kawasan Salemba menuju Patung Kuda Arjuna Wiwaha.
 
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mengerahkan enam ribu personel keamanan, untuk menjaga kawasan Istana Merdeka. Petugas juga telah menutup akses jalan di beberapa titik yang dianggap vital.

3. Jokowi memilih berkantor di Istana Bogor

Aksi 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Lalin di Jalan MH Thamrin Masih Lancar Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (20/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Untuk yang kesekian kalinya, demonstrasi hari ini diprediksi berakhir tanpa bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Sebab, berdasarkan jadwal harian yang diterima IDN Times, Jokowi hari ini berkantor di Istana Bogor.
 
Agenda Jokowi hari ini adalah rapat terbatas bakal persiapan Piala Dunia U-20 dan menemui Perdana Menteri Jepang.
 
Pada aksi sebelumnya yang digelar pada 8 Oktober 2020, Jokowi juga tidak menemui massa aksi karena mengadakan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Polisi Tangkap 7 Provokator Pemicu Kerusuhan Saat Demo Omnibus Law

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya