Comscore Tracker

Begini Cara Polisi Atasi Banjir dan Kemacetan di Jakarta

Follow saja akun Twitternya untuk info lalu lintas

Jakarta, IDN Times - Menghadapi musim penghujan yang melanda wilayah Jakarta, aparat kepolisian Polda Metro Jaya akan membentuk tim khusus.

Mengingat pada kondisi tersebut, kemacetan juga menjadi pekerjaan rumah bagi aparat polisi lalu lintas.

"Menanggapi musim penghujan, kepolisian daerah Metro Jaya akan membentuk dua tim. Setiap timnya akan beranggotakan 20 personel,"kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Halim Pagara, di Jakarta Selatan, Rabu (13/12).

Baca juga: Kurangi Kemacetan Jakarta, Anies Bakal Bangun Loop Line Kereta

Begini Cara Polisi Atasi Banjir dan Kemacetan di JakartaIDN Times/Vanny El Rahman

Tim ini nantinya, tambahnya, akan membantu wilayah Polres.  "Polres sudah saya perintahkan juga, termasuk tim bencana alam jika ada banjir. Kita sudah pernah pelatihan, akan kita turunkan. 

Halim juga mengimbau kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor untuk tidak menjadikan terowongan dan jembatan sebagai tempat berteduh.

"Kita imbau jangan berteduh di bawah terowongan. Sebelum ditilang atau ditindak hukum. Pastinya akan kita sosialisasikan kepada masyarakat dulu (preemptive) dan ada juga yang patroli atau berjaga di sana (preventive)," katanya.

Mekanisme pengamanan lalu lintas di saat banjir juga dipaparkan oleh Kasubbag Tekinfo TMC Polda Metro Jaya, Kompol Purwono T. 

"Pasti ada personel tambahan untuk banjir. Bukan di tempat banjirnya, tapi di persimpangan-persimpangan sekitar banjir. Seperti ketika terowongan Halim banjir, ada polisi di persimpangan sana yang mengarahkan jalur alternatif," ungkapnya saat IDN Times mengunjungi kantor Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.

Begini Cara Polisi Atasi Banjir dan Kemacetan di JakartaIDN Times/Vanny El Rahman

Alih-alih disediakan jalur alternatif, Purwono menyampaikan agar masyarakat tidak menganggap tersebut sebagai jalan yang lancar dan tidak macet.

"Berbicara macet atau tidak di jalur itu, dari google maps dan waze saja kamu bisa lihat sendiri. Sulit menemukan ruang kosong di Jakarta," jelas Purwono lagi.

Dalam upaya mengurai kemacetan serta kecelakaan lalu lintas, Purwono meminta agar masyarakat aktif memberikan informasi melalui media sosial.

"TMC ini kan tiap mengamati lalu lintas untuk mencegah fatalitas korban kecelakaan. Banyak titik lokasi yang kita perhatikan. Oleh karena itu, masyarakat dipersilahkan memberikan kabar atau informasi melalui Twitter di @TMCPoldaMetro agar nanti infonya bisa kita sebarkan," jelasnya.

Baca juga: Amankan Lalu Lintas Jakarta, Polisi Manfaatkan CCTV dan Media Sosial

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya