Beraksi 3 Kali, Joseph Polisi Gadungan Raup Rp520 Ribu

Ini yang dilakukan Joseph tiap menghentikan kendaraan.

Jakarta, IDN Times - Joseph Anugerah, polisi gadungan yang tertangkap sedang memeras pengendara, mengaku baru tiga kali menjalankan aksinya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono mengatakan, Joseph beraksi pada tanggal 12, 13, dan 15 Juli 2018.

Ia mengatakan, Joseph telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Polda Metro Jaya untuk menjalani kelanjutan proses hukum.

1. Memeras pengendara hingga Rp520 ribu

Beraksi 3 Kali, Joseph Polisi Gadungan Raup Rp520 RibuInstagram.com/@tmcpoldametro

Kombes Argo mengatakan, meski baru tiga kali beraksi, Joseph telah meraup keuntungan hingga Rp520 ribu.

"Tanggal 12 dapat sebesar Rp170 ribu, tanggal 13 sebesar Rp150 ribu, dan tanggal 15 sebesar Rp200 ribu," kata Argo melalui keterangan tertulis yang diterima oleh IDN Times.

Baca juga: Ini Motif Mahasiswa 20 Tahun Jadi Polisi Lalu Lintas Gadungan

2. Memeras Rp50 ribu kepada setiap pelanggar

Beraksi 3 Kali, Joseph Polisi Gadungan Raup Rp520 Ribupolri.go.id

Argo menuturkan Joseph kerap berjaga di seputar Casablanca, Jakarta Selatan. Dia menampakkan diri seakan polisi sungguhan.

Sesekali dia menghentikan mobil yang melaju ke jalan raya non tol Casablanca dan menanyakan kelengkapan surat pengendara tersebut.

"Setiap mobil yang diberhentikan olehnya dimintai uang sejumlah Rp50 ribu dan peristiwa tersebut dilakukan oleh terlapor berulang sebanyak tiga kali di jam yang sama sekitar pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB," beber mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu.

Baca juga: 3 Cara Membedakan Anggota Polri dengan Polisi Gadungan

3. Bercita-cita menjadi polisi

Beraksi 3 Kali, Joseph Polisi Gadungan Raup Rp520 RibuTwitter/@restadepok

Saat diinterogasi lebih lanjut, mahasiswa berusia 20 tahun itu menyerupai polisi dan bertindak seakan tengah mengatur lalu lintas karena bercita-cita jadi polisi.

"Uangnya digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Dia juga bercita-cita jadi polisi," kata Argo.

Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya melalui akun Instagram terferivikasinya mengunggah proses penangkapan seorang polisi gadungan. Polisi gadungan tersebut mengenakan atribut lengkap.

Dalam menjalankan aksinya, polisi gadungan ini mengenakan mulai dari rompi warna hijau terang, topi polisi hingga pangkat.

Baca juga: Selain Pungli, Polisi Gadungan juga Hukum Push-Up Pelanggar Lalin

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya