[BREAKING] Pimpinan ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Dikabarkan Tewas

Uji DNA dan biometeri sedang dilakukan untuk memastikannya

Idlib, IDN Times- Khalifah sekaligus pimpinan kelompok teroris Islamic State Iraq and Syiria (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi, dikabarkan tewas di Idlib, Suriah bagian utara dalam operasi militer Amerika Serikat pada Sabtu (26/10).

Dilansir dari CNN, saat ini, uji DNA dan biometeri sedang dilakukan untuk memastikan bahwa sosok lelaki yang meninggal adalah Baghdadi.

Berdasarkan keterangan salah seorang pejabat di Kementerian Pertahanan AS, Baghdadi memutuskan untuk meledakkan diri dengan bom sabuk karena sadar bahwa dirinya sudah tidak bisa melarikan diri.

Sementara itu, dilansir dari Reuters, Baghdadi disebut tewas bersama pengawal pribadinya di tempat persembunyiannya ketika berupaya membawa kabur keluarganya hingga perbatasan Turki.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, direncanakan hendak memberikan keterangan pers terkait kabar tersebut pada Minggu pukul 09.00 waktu Amerika Serikat. Namun, Pentagon belum angkat suara tentang kabar kematian Baghdadi.

Melalui akun resmi Twitternya, pemimpin negeri Paman Sam itu mencuit, “sesuatu yang sangat besar baru saja terjadi!”.

Kabar kematian Baghdadi akhir pekan ini bukan yang pertama kalinya. Sejak ISIS berdiri pada 2014, Baghdadi telah menjadi sasaran utama dari berbagai operasi militer. Di bawah komando mantan Presiden AS, Barrack Obama, Baghdadi sempat dikabarkan tewas hingga ia kembali menampilkan sosoknya di dunia maya.

Baca Juga: Fakta-fakta Polwan Nesti Dipecat karena Terpapar Paham Terorisme ISIS

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya