CEK FAKTA: Kabar Wali Kota Palu Meninggal Akibat Gempa Hoax!

Jangan mudah sebarkan hoax ya guys

Surabaya, IDN Times- Beredar kabar di dunia maya bahwa Wali Kota Palu, Hidayat, meninggal dunia akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) lalu. Kabar meninggalnya Hidayat semakin gencar setelah pesan singkat tersebar di banyak grup WhatsApp pada Minggu (30/9). 

Adapun pesan singkatnya yang tersebar bertuliskan, "Walikota Palu... pak Hidayat..gugur... Jenazahnya pagi ini ditemukan,,, innalillahi Wainnailaihi Rojiun".  

1. Kabar meninggal tersebut dibantah oleh Sekjen Demokrat

CEK FAKTA: Kabar Wali Kota Palu Meninggal Akibat Gempa Hoax!IDN Times/Irfan Fathurohman

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, angkat bicara soal kabar yang beredar. Dengan tegas ia mengatakan bahwa kabar tersebut tidak benar. 

"Berita simpang siur bahwa Walikota Palu meninggal dunia sudah terkonfirmasi bahwa itu tidak benar. Walikota Palu, Pak hidayat dalam kondisi sehat," tulisnya melalui akun Twitternya @hincapandjaitan, Minggu (30/9). 

2. Meminta supaya kabar tersebut tidak diteruskan

CEK FAKTA: Kabar Wali Kota Palu Meninggal Akibat Gempa Hoax!IDN Times/Irfan Fathurohman

Karena sudah dipastikan kondisi Hidayat dalam keadaan sehat, ia meminta supaya masyarakat yang mendapatkan kabar tersebut tidak meneruskan beritanya. 

"Hentikan meneruskan pesan-pesan yg tidak benar. Ini hanya membuat kegelisahan berkepanjangan di sana. Kita doakan yg terbaik," lanjut Hinca.  

Baca Juga: BREAKING: Korban Meninggal Akibat Gempa dan Tsunami Sulteng 832 orang 

3. Walikota Palu berada di dekat lokasi gempa

CEK FAKTA: Kabar Wali Kota Palu Meninggal Akibat Gempa Hoax!Twitter

Berdasarkan laporan CNN TV, Reza Ramadhan, menyebutkan bahwa saat tsunami terjadi Hidayat memang berada di sekitar Pesisir Pantai Kota Palu. Saat itu, ia tengah menghadiri gladi bersih festival untuk perayaan ulang tahun Kota Palu. 

Syukurnya, ketika tsunami terjadi, petugas Satpol PP berhasil menyelamatkan yang bersangkutan ke tempat yang lebih tinggi 

Ketika ombak sudah mulai surut, Hidayat bersama petugas Satpol PP turun langsung meninjau lokasi. Karena sinyal ponsel dan listrik yang seketika non-aktif, akhirnya kabar Hidayat meninggal karena gempa dan tsunami berseliweran di media sosial.  

Kalau kamu ada info lain gak soal Wali Kota Palu Hidayat? 

Pantau terus IDN Times untuk kabar terbaru dan paling akurat terkait gempa di Palu dan Donggala.

Baca Juga: FOTO: Kondisi Terkini Pasca-Tsunami Menyapu Wilayah Talise Palu Barat

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya