Cerita Mistis Makam Nyonya Kompi, Ada Peziarah yang Sukses Tiba-tiba Bangkrut

Konon bisa mendatangkan sukses

Jakarta, IDN Times- Pencarian terhadap makam Nyonya Kompi berawal dari perbincangan dengan Ahmad Suaip selaku pengamat kebudayaan Betawi.

Saat ditemui pada awal Maret, dia pernah berkata “Di Kemayoran ade makam kramat. Dulu makam ntu dipake sebelum nanggap (nampil) ondel-ondel. Gak ada yang tahu sejarahnye, pokoknya udah ada aje itu dan dianggap kramat.".

Akhirnya, Rabu (21/3), IDN Times mencoba untuk menelusuri jejak makam keramat tersebut. Kala itu, jarum jam menunjukkan pukul 16.02 WIB. Matahari senja menemani pencarian makam yang berlokasi di Gang Kramat, Jalan Sumur Batu Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Harus diakui, tidak mudah untuk menemukan kuburan di tengah padatnya ibu kota. Sempat tersasar, akhirnya seorang warga menunjukkan di mana letak makam tersebut. Satu hal yang pasti, tatkala penduduk sekitar ditanya lokasi makam Nyonya atau Mbah Kompi, mereka pasti tahu keberadaan makam itu.

Pencarian terhadap tempat bersemayamnya Nyonya Kompi terhenti di depan rumah seluas 3x7 meter pada pukul 16.33 WIB.

Tidak bisa dipungkiri, secara kasat mata, mereka yang melewati rumah tersebut tidak akan menyadari bahwa rumah hijau tersebut merupakan bagian dari sejarah Betawi.

1.  Makam dijaga oleh perempuan berusia 65 tahun

Cerita Mistis Makam Nyonya Kompi, Ada Peziarah yang Sukses Tiba-tiba BangkrutIDN Times/Vanny El Rahman

“Nekkk, ada yang nyari,” kata salah seorang perempuan ketika IDN Times meminta izin untuk memasuki makam kramat itu. “Bentar katanye, lagi pake baju,” sambung dia. Beberapa menit berselang, yang dinanti-nanti akhirnya keluar juga. Dia adalah Sarpiah. Perempuan berusia lanjut yang kini menjadi juru kunci makam tersebut.  

Rumah Sarpiah berjarak beberapa kaki dari makam Nyonya Kompi. Setelah membuka pintu, dia mulai memperkenalkan dirinya “Ini dulu kakek saya yang nunggu, pak Pelor namanye, terus anak yang paling tua meninggal, jadinya saya cucunya yang jaga. Saya gak bisa ape-ape, Cuma bukain pintu doang,” kata perempuan berkerudung hitam dan daster berwarna merah muda motif bunga-bunga ini.

Meski demikian, perempuan yang biasa disapa Nenek Harfiah ini menceritakan bahwa tiga makam ini merupakan pesan terakhir dari sang kakek sebelum meninggal dunia.

“Ini tiga (makam) pesanan kakek saya, (dia) minta urusin. Mau urang ngomog apa ke, yang penting diurus,” ujarnya dengan logat Betawi yang begitu kental.

2. Ada tiga makam di rumah tersebut

Cerita Mistis Makam Nyonya Kompi, Ada Peziarah yang Sukses Tiba-tiba BangkrutIDN Times/Vanny El Rahman

Kendati masyarakat Betawi lebih akrab dengan makam Nyonya Kompi, rupanya rumah tersebut memiliki tiga makam keramat. Tidak ada yang mengetahui identitas mereka secara pasti, namun penduduk sekitar menyebutnya dengan Nyonya Kompi, Pangeran Sabar, dan Tunggul Sejati.

“Nenek juga gak tahu siapa, gak ngalamin ye. Taunye ini udah keramat aje dari dulu,” tutur sang nenek. “Dari dulu cuma ada tiga emang. Dulukan banyak puhun di mari, ada puhun Jati, Kesambi, sekarang udeh ditebang-tebangin. Jadi bukan pemakaman umum,” sambungnya.

Dengan sedikit terbatah-batah, Harfiah berupaya mengingat masa di mana makam tersebut masih ditutupi oleh pepohonan. Berdasarkan penuturannya, dulunya tiga makam ini dibangun di atas batu bata. Seiring berjalannya waktu, kondisi makam mulai dibenahi.

“Dulu masih gubuk, dibenahi sama uwa, sampe pinjem-pinjem duit satu juta dulu, itu kan banyak dulu ye. Sampe sekarang udah dikeramik begini, udeh agak cakep,” katanya sambil sesekali menegur cucunya yang kerap berdiri di atas makam Pangeran Sabar.

3. Banyak orang berziarah ke makam

Cerita Mistis Makam Nyonya Kompi, Ada Peziarah yang Sukses Tiba-tiba BangkrutIDN Times/Vanny El Rahman

Walaupun terletak di pusat kota dan berhimpitan dengan rumah warga, Nenek Harfiah mengaku sering melayani tamu yang datang untuk berziarah. Tidak hanya dari dalam kota, banyak peziarah yang datang dari timur pulau Jawa.

“Kemaren ada 40 orangan kali tuh naek delman dateng ke mari. Katanya dari DKI, dateng ziarah baca doa terus foto-foto bentar. Ada juga dari Cirebon, Demak, Jawa Timur, sampe nginep malah,” tambahnya.

Baca juga: Seram, Ini 10 Cerita Mistis Rumah Sakit Menyeramkan di Seluruh Dunia

Mereka yang datang dari jauh, biasanya menyempatkan waktunya untuk bermalam dan berpuasa bersama tiga makam tersebut. “Kemaren yang dari Jawa (Jawa Timur), ampe nginep tiga hari tiga malem di sini. Mereka puasa juga, nenek dikasih duit, diminta masak singkong rebus buat buka dan sahur,” cerita dia.   

4. Tidak ada yang boleh menginap lebih dari tiga malam

Cerita Mistis Makam Nyonya Kompi, Ada Peziarah yang Sukses Tiba-tiba BangkrutIDN Times/Vanny El Rahman

Larangan tidak boleh menginap lebih dari tiga malam sebenarnya bukan buatan Nenek Harfiah. Aturan mistis ini dibuat oleh para penghuni makam itu sendiri.

Harfiah bercerita “Dulu ade orang mau nginep sampe tujuh malem. Tapi udah dapet ilham untuk balik, dia gak mau balik, eh meriang itu badan. Saya bilang kalau disuruh balik ya balik, ntu ditegorkan. Belon ada yang nginep lebih dari tiga malem,”.

Sebab itulah sang juru kunci mengaku tidak khawatir makam keramat tersebut disalahgunakan.

“Saya tahunya orang ke sini mau ziarah aje, mau cari berkah ye, baca Alfatihah, baca Yasin, doa-doa. Emang dulu sempet orang ke sini buat cari nomer-nomeran (togel), tapi udah gak ada sekarang. Soalnye ditegor sendiri ama dia (penghuni makam), kalau cari rezeki itu di luar, bukan di sini,” katanya panjang lebar.

5. Konon, mereka yang berziarah ke makam ini akan sukses. Ets, ada tapinya juga lho

Cerita Mistis Makam Nyonya Kompi, Ada Peziarah yang Sukses Tiba-tiba BangkrutIDN Times/Vanny El Rahman

Sambung si nenek, dia mengisahkan kalau banyak orang yang usahanya sukses usai bertolak dari makam. “Nenek juga gak tau, pokoknye ada orang balik dari sini sukses. Pasti ada yang bilang musyrik ye. Nah ntu malah warga di mari (penduduk sekitar) udah pada gak percaya sama begituan,” pungkas Harfiah.

Kisah yang tidak kalah mistis adalah bagi mereka yang sempat berziarah untuk bernazar dan meminta berkah, kemudian lupa untuk mengunjunginya kembali, kehidupan mereka bisa sangat berbanding terbalik dalam seketika.

“Banyakan udah sukses susah dateng kemari, udah gak inget (karena sibuk). Ade perempuan dateng kemari, punten bu saya udah sukses, saya punya ini punya ini, sekarang saya abis-abisan. Dia nangis-nangis di sini. Saya bilang gimane, ya situ sendiri yang lupa,” beber sang nenek.

Bersambut tarhim yang mulai bersenandung di beberapa masjid, sang nenek melanjutkan kisahnya. Dia kan pedagang, katanya usahanya laris apa aje, usahanya maju. Cuma lupa ke sini, mungkin dikasih lupa ye.

Kemari lagi ya susah berkembangnya. Nangis-nangis pengen kayak semula lagi. Cewenya jadi kang urut, lakinya jadi orang bangunan sekarang. Makanye saya bilang ibu timbang ke sini, kasih kembang-kembang doa-doa aje. Dia gak minta ape-ape,”.

6. Sosok Nyonya Kompi adalah perempuan berbusana khas Tionghoa

Cerita Mistis Makam Nyonya Kompi, Ada Peziarah yang Sukses Tiba-tiba BangkrutIDN Times/Vanny El Rahman

Kendati sosok dan identitas Nyonya Kompi masih tanda tanya besar, beberapa peziarah mengaku pernah melihat sosok perempuan berpakaian khas Tionghoa duduk di atas makam paling ujung kanan.

“Orang yang suka nginep di sini, kayak suka dapat mimpi orang pakai baju China. Dia cerita, ini bu saya kayaknya dapat mimpi orang baju putih China, duduk di makam sini. Itu kali Kumpi Nyonya, saya bilang begitu,” tak bisa dipungkiri cerita itu bisa membuat bulu kuduk berdiri.

“Nah yang (duduk) ini pake blangkon. Gitu kata yang dapet ilamatnye, blangkon topi orang Jawa gitu. Konon emang dua makam ini dari Jawa katanye,” sambung nenek.

7. Harfiah berharap ada pihak yang ingin membenahi tempat tersebut

Cerita Mistis Makam Nyonya Kompi, Ada Peziarah yang Sukses Tiba-tiba BangkrutIDN Times/Vanny El Rahman

Berdasarkan penuturan Harfiah, banyak anak muda yang tertarik untuk menziarahi makam Nyonya Kompi dan beraktivitas di sana. Namun sayang, kegiatan anak muda tidak didukung oleh fasilitas makam yang sangat terbatas.

“Dulu banyak kegiatan di mari. Anak muda rebanaan. Perayaan Islam ada acara. Tapi sekarangkan tempatnya sempit. Orang aja banyak yang ngeluh kagak ada kamar mandinye di sini, orang kalau mau wudhu ke rumah saya. Kalau ada orang mau bagusin ya kite pengennya gitu,” tutup dia.

Terlepas dari silang pendapat soal makam tersebut, Ahmad Suaip menyampaikan bahwa keberadaan makam tersebut harus dilestarikan. Pasalnya, makam tersebut merupakan bagian dari sejarah DKI Jakarta.

Ntu pemerintah kalau bisa bantu. Karena bagian dari kebudayaan Betawi,” terang pria yang biasa disapa Davi Kemayoran.

Baca juga: [VIDEO] PM.AM Ep 1: Eksplorasi Hotel Niagara Malang yang Penuh Kisah Mistis

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya