Dipanggil Masuk Istana, Emak-Emak Militan Kesal Disodori Data

Mereka cuma mau harga bahan makanan di pasar murah

Jakarta, IDN Times - Koordinator aksi Barisan Emak-Emak Militan Indonesia (BEMI), Fifi Asmaizulfi menilai pihak Istana tidak mengerti apa yang menjadi tuntutan aksi mereka.

Meski diizinkan untuk bertemu dengan perwakilan beberapa pejabat setingkat Dirjen, mereka tetap kecewa karena tidak bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko 'Jokowi' Widodo.

"Tadi masuk ke dalam 11 orang diterima dari Dirjen Perdagangan. Diterima sama Sekneg juga kalau gak salah," kata Fifi setelah keluar dari Istana, Rabu (18/7).

Apa keluh kesah yang disampaikan emak-emak ini saat berada di dalam Istana?

1. Pihak Istana dinilai tidak mengerti kemauan mereka

Dipanggil Masuk Istana, Emak-Emak Militan Kesal Disodori DataIDN Times/Vanny El Rahman

Unjuk rasa yang mereka namakan 'Aksi 187' itu menuntut supaya pemerintah menurunkan harga bahan pokok hingga tarif dasar listrik. Setelah menyampaikan apa saja tuntutan mereka, Fifi justru mengaku kecewa karena pemerintah malah memberikan data bukan jaminan.

"Tadi kita di dalam mengatakan, kita tidak perlu statistik barang, tidak perlu. Kita gak perlu menerangkan ini itu, mereka terus berusaha untuk menerangkan apa yang menyebabkan itu terjadi," beber dia.

2. Kami harus ke pasar!

Dipanggil Masuk Istana, Emak-Emak Militan Kesal Disodori DataIDN Times/Vanny El Rahman

Lantaran tidak memberikan jaminan bahwa aspirasi mereka akan dikabulkan, 11 orang yang diizinkan masuk justru malah minta keluar dari perundingan tersebut.

"Jadi kita sepakat keluar karena kami beranggap kami gak perlu data statistik. Kami perlunya kami belanja ke pasar, harganya turun, itu intinya," kata Fifi dengan raut wajah penuh kekecewaan.

3. Berjanji akan menurunkan masa lebih banyak lagi

Dipanggil Masuk Istana, Emak-Emak Militan Kesal Disodori DataIDN Times/Vanny El Rahman

Terakhir, dari atas mobil komando, Fifi berjanji akan membawa lebih banyak emak-emak bila pemerintah tidak mengabulkan aspirasi mereka.

"Intinya kita gak dengarkan alasan mereka. Kalau gak ada jawaban kita akan datang lagi," serunya.

Waduh, gimana nih menurut kalian?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya