Comscore Tracker

Fakta-fakta Taroko National Park, Destinasi Alam Kece di Taiwan!

Benteng marmer menjulang tinggi sungguh menakjubkan

Hualien, IDN Times - Taroko National Park atau Taman Nasional Taroko merupakan salah satu destinasi alam yang wajib kamu kunjungi bila melancong ke Taiwan. Wilayah konservasi seluas 92 ribu hektare ini tergolong tempat wisata kelas dunia. Kenapa? Karena pemandangan yang ada di kawasan ini sulit kamu temukan di negara lain.

Ketika memasuki kawasan Taroko National Park, pemandangan yang kamu lihat adalah benteng marmer setinggi 800 meter yang berbaris vertikal dengan aliran Sungai Liwu di bawahnya. Untuk menuju tempat ini, kamu harus melewati jalan berliku hingga menembus terowongan yang terbuat dari batu marmer alami.

Berikut lima fakta manarik Taroko National Park, sebagai bekal jika kamu berniat melancong ke negara berjuluk China Lautan ini.

1. Akses menuju Taroko National Park dibangun para veteran perang

Fakta-fakta Taroko National Park, Destinasi Alam Kece di Taiwan!(IDN Times/Vanny El Rahman)

Taroko National Park berada di Kota Hualien, Xiulin, Taiwan. Kamu bisa menumpangi kereta api tujuan XinCheng, lalu naik bus Taiwan Trip jalur Taroko. Sayangnya, akses menuju tempat ini masih terbatas jika melalui jalur darat, baik itu mobil atau motor.

Salah satu fakta menarik kawasan konservasi ini adalah akses jalan yang dibuka para veteran perang. Seorang pemandu wisata, Lu Luke, menceritakan jalan menuju Taroko National Park mulai dibuat sejak 1960-an. Kondisi Taiwan yang miskin masa itu, memaksa mereka menggali terowongan dan membuka jalan tanpa alat berat.

“Seharinya mereka digaji 50 sen, tidak sampai NT$1. Semuanya pakai cangkul, linggis, tidak ada kendaraan berat,” ungkap Luke kepada IDN Times, Senin (10/2) lalu.

Baca Juga: [FOTO] Keseruan di Qingjing Farm Taichung, Destinasi Wajib di Taiwan

2. Visi pemerinah Taiwan untuk menjaga alam

Fakta-fakta Taroko National Park, Destinasi Alam Kece di Taiwan!(IDN Times/Vanny El Rahman)

Taman nasional ini mulai dibuka sejak 28 November 1986. Visi pemerintah Taiwan saat itu adalah menjaga alam di tengah perkembangan ekonomi yang signifikan. Sebab, pembangunan di berbagai negara masa itu banyak yang merusak lingkungan.

Pemerintah Taiwan juga ingin melibatkan masyarakat, khususnya Suku Truku yang sudah bermukim di wilayah tersebut sejak 2 ribu tahun silam.

“Karena ini taman nasional, jadi tidak boleh ada yang diambil dari sini. Semuanya konservasi, dijaga pemerintah,” kata lelaki yang sudah mengabdi selama 32 tahun menjadi pemandu wisata.

3. Benteng alam yang terbuat dari batu marmer

Fakta-fakta Taroko National Park, Destinasi Alam Kece di Taiwan!(IDN Times/Vanny El Rahman)

Berada di ketinggian 2.000-3.000 di atas permukaan laut, suhu udara di kawasan Taroko National Park bisa mencapai 3 Derajat Celcius. Kala musim dingin tiba, tidak menutup kemungkinan salju menutupi sebagian kawasan ini.

Sejauh mata memandang, wisatawan dimanjakan dengan benteng marmer yang menjulang tinggi. Di tengah bebatuan, ada banyak goa-goa berukuran kecil hingga besar, yang menjadi tempat hewan berlindung kala musim dingin tiba. Sarang burung walet paling sering ditemukan di goa-goa tersebut.

Baca Juga: Blusukan ke Kampung Pelangi Taichung di Taiwan, Instagramable Banget!

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya