Comscore Tracker

Gubernur Anies Sebut Ojol Sebabkan Kemacetan di Jakarta, Ini Kata Grab

Ketika ojek online berubah menjadi ojek pangkalan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan kebiasaan ojek online (ojol) yang mangkal di pinggir jalan menyebabkan kemacetan Ibu Kota. Hal itu diperparah dengan kebiasaan ojol yang serampangan saat menjemput penumpang.

Karenanya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berencana memanggil pengelola ojol guna menertibkan perilaku tersebut. "Pemprov DKI akan memanggil pengelola ojek online untuk membicarakan secara khusus tentang pengaturan parkir bagi ojek-ojek yang melakukan penjemputan,” kata Anies, Senin (26/7).

Anies menyampaikan, banyak masyarakat yang resah atas perilaku ojek daring itu. Lantas, bagaimana tanggapan pihak Grab soal pernyataan orang nomor satu di DKI Jakarta itu?

1. Grab sudah memiliki 90 shelter di DKI Jakarta

Gubernur Anies Sebut Ojol Sebabkan Kemacetan di Jakarta, Ini Kata GrabInstagram @mahkamahkonstitusi

Menanggapi hal itu, Tri Sukma Anreianno selaku Head of Public Affairs Grab Indonesia meyakini kebiasaan tersebut hanya dilakukan oleh segelintir pengemudi Grab saja. Sebab, pengelola telah menyiapkan tempat-tempat khusus bakal Grab mangkal sembari menunggu penumpang.

Baca juga: Kali Item, Anies: Kami Terima Warisan Masalah Masa Lalu

"Saat ini kami memiliki 90 shelter GrabBike yang tersebar di berbagai lokasi di DKI Jakarta. Hal ini telah kami siapkan sejak awal beroperasi karena kami telah sepenuhnya memahami kebutuhan akan lahan parkir dan tempat istirahat bagi para mitra pengemudi, sehingga kami pun membangun sejumlah shelter secara bertahap," terang Tri melalui keterangan tertulis yang diterima oleh IDN Times, Kamis (26/7).

2. Grab memiliki GrabBike Lounge untuk pengemudi rehat di sela pekerjannya

Gubernur Anies Sebut Ojol Sebabkan Kemacetan di Jakarta, Ini Kata GrabIDN Times/Istimewa

Bukan hanya shelter, Grab juga menyediakan GrabBike Lounge bakal mitra pengemudinya beristirahat.

"Kami juga telah menyediakan GrabBike Lounge yang terletak di Daan Mogot, Jakarta Barat, dengan berbagai fasilitas seperti tempat beristirahat, tempat mengisi ulang baterai HP, barber shop, cuci motor, cuci helm serta bengkel. Dalam waktu dekat, kami juga berencana untuk membangun satu GrabBike Lounge tambahan yang akan berlokasi di wilayah DKI Jakarta," tambah dia.

3. Grab dukung upaya penertiban Anies

Gubernur Anies Sebut Ojol Sebabkan Kemacetan di Jakarta, Ini Kata GrabIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kendati begitu, Grab sangat mendukung rencana Anies dalam upaya penataan lahan parkir ojek daring.

Kami sangat mengapresiasi dan mendukung inisiatif Pak Anies dan Pemprov DKI Jakarta untuk bersama-sama menyediakan lahan parkir bagi pengemudi ojek online dengan memanfaatkan potensi dari aset-aset Pemprov DKI Jakarta," tutup Tri.

Kalau kamu sendiri resah gak dengan kebiasaan ojol yang jadi 'ojek pangkalan' juga? 

Baca juga: Ojek Online Dinilai Ilegal, Go-Jek Lanjutkan Ekspansi ke Luar Negeri

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya