Comscore Tracker

Imbas Unjuk Rasa Tolak RUU HIP, Jalan Gatot Subroto Arah Slipi Ditutup

Demonstrasi terjadi dengan mengabaikan protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Jalan Gatot Subroto arah Slipi ditutup oleh polisi imbas demonstrasi menolak Rancangan Undang-Undang  Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di depan Gerbang Utama Kompleks Parlemen RI Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6).

Berdasarkan pantauan lapangan sebagaimana dilansir dari Antara, massa aksi yang berpakaian putih terlihat memadati jalur busway Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi. Terlihat laju kendaraan dari arah Restoran Pintu Dua ke jalur depan Graha Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena jalan tertutup total. Sementara, arus lalu lintas sebaliknya tampak normal.

1. Petugas kepolisian berjaga mengatur lalu lintas

Imbas Unjuk Rasa Tolak RUU HIP, Jalan Gatot Subroto Arah Slipi DitutupDemonstrasi menolak RUU HIP di depan Kompleks Parlemen (Dok. Humas Transjakarta)

Guna mengamankan massa aksi sekaligus menjaga supaya lalu linta berjalan normal, polisi terlihat sudah berada di tempat untuk memberikan pengaturan lebih lanjut.

Terlihat protokol kesehatan tidak sepenuhnya dipatuhi oleh demonstran. Banyak dari mereka yang tidak mengenakan masker hingga berkerumun tanpa menjaga jarak.

Baca Juga: SBY Minta Semua Pihak Hati-hati dalam Merancang dan Membahas RUU HIP

2. Transjakarta juga alihkan rute Koridor 9

Imbas Unjuk Rasa Tolak RUU HIP, Jalan Gatot Subroto Arah Slipi Ditutupidn media

Untuk menyiasati kepadatan, PT Transjakarta mengalihkan layanan Koridor 9 bakal rute Pinang Ranti-Pluit. Ada dua halte yang tidak akan dilewati bus, yaitu Halte JCC Senayan dan Halte Slipi Petamburan.

“Untuk layanan optimal, maka Koridor 9 arah Plluit setelah Semanggi dialihkan sementara melalui Tol keluar Slipi Jaya. Pelayanan akan kembali seperti semula setelah akses jalan aman dilintasi armada kami,” kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas Transjakarta, Nadia Disposanjoyo, sebagaimana dikutip dari Antara.

3. Menolak kebangkitan komunisme

Imbas Unjuk Rasa Tolak RUU HIP, Jalan Gatot Subroto Arah Slipi DitutupRisalah rapat Baleg RUU HIP di dpr.go.id (Website/dpr.go.id)

Demonstrasi hari ini merupakan bentuk protes karena pemerintah bersama DPR RI tetap melanjutkan pembahasan RUU HIP meski banyak penolakan dari masyarakat, terkhusus mereka yang mengatasnamakan kelompok Islam. RUU HIP dituding sebagai awal kebangkitan ideologi komunisme. Teriakan “ganyang PKI” bergemuruh di lokasi aksi.

“Ada satu ormas diduga ingin mengubah ideologi Pancasila, dibubarin itu ormas. Tapi jelas-jelas ada partai yang mengubah ideologi Pancasila, pantasnya diapakan itu partai? Ganyang, ganyang, ganyang PKI sekarang juga,” kata sang orator.

Baca Juga: Mahfud MD: RUU HIP Bermasalah Secara Substansial dan Prosedural

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya