Ini Curhatan Sang Istri Setelah Tito Karnavian Tidak Lagi Menjabat Kapolri

Keluarga tak ingin Tito terlibat dunia politik

Jakarta, IDN Times - Istri Kapolri Jenderal Muhammad Tiro Karnavian, Tri Suswati, menyampaikan harapan keluarga terkait kegiatan suaminya setelah tidak lagi menjabat sebagai orang nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Secara garis besar, Suswati ingin agar suaminya memiliki banyak waktu untuk keluarganya dan menggeluti hasrat pendidikan yang dimilikinya.

"Beliau adalah orang profesional yang mencintai dunia pendidikan. Beliau sangat ingin bersekolah lagi, post-Phd ya, seusai menjadi Kapolri," kata dia saat ditemui IDN Times di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (7/3).

1. Keluarga ingini Tito terjun di dunia pendidikan untuk menebar kebaikan

Ini Curhatan Sang Istri Setelah Tito Karnavian Tidak Lagi Menjabat KapolriIDN Times/Vanny El Rahman

Menurut Suswati, harapan keluarga adalah agar mantan Kepala Densus 88 itu menjadi seorang tenaga pendidik yang bermanfaat bagi orang banyak.

"Kami keluarga mendukung sekali pak Tito menjadi pendidik, karena anak-anak saya lebih bangga kalau bapaknya jadi profesor. Memberikan pendidikan kepada banyak orang adalah kehormatan yang luar biasa, ya," kata dia.

2. Keluarga ingin Tito menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga

Ini Curhatan Sang Istri Setelah Tito Karnavian Tidak Lagi Menjabat KapolriIDN Times/Vanny El Rahman

Wanita yang menyukai kegiatan menyelam itu mengatakan, banyak waktu dan energi yang digunakan Tito untuk menjaga keamanan negara. Sebab itu, dia berharap agar sang suami memiliki keluangan waktu untuk menikmati detik-detik kehangatan kelurga, setelah tidak lagi menjabat Kapolri.

"Sekarang waktu buat anak dan keluarga sudah habis ya. Dan hampir tidak bisa enjoy menikmati hidup, karena 24 jam Beliau mendedikasikan dirinya kepada masyarakat. Hampir gak ada waktu buat keluarga," tutur dia.

Baca juga: Kapolri Jenderal Tito Karnavian Sebut 3 Hal Ini Jadi Fokus Kinerjanya di Tahun 2018

3. Suswati tidak ingin Tito terlibat di dunia politik

Ini Curhatan Sang Istri Setelah Tito Karnavian Tidak Lagi Menjabat KapolriIDN Times/Vanny El Rahman

Menanggapi spekulasi adanya niat Tito terjun di dunia politik karena disebut-sebut ingin mengajukan pensiun dini sebelum masa baktinya habis pada 2022, Suswati menyatakan sang suami figur yang kurang tepat di ranah politik.

"Kita ini kayaknya orang eksakta, orang yang kalau A ya A, kalau B ya B. Gak bisa kita hari ini A besok B. Politik itu kan muter-muter, tidak ada kepastian. Jadi saya sebagai istri berharap kalau bisa jangan (terjun ke dunia politik). Tapi sebagai istri, pasti suami tahu apa yang lebih baik buat dia," kata dia.

4. Tito curhat pada Suswati terkait ketegangan di tahun politik

Ini Curhatan Sang Istri Setelah Tito Karnavian Tidak Lagi Menjabat KapolriIDN Times/Vanny El Rahman

Suswati mengaku sang suami pernah mencurahkan isi hatinya perihal tugas Kapolri yang semakin berat di tengah ketegangan situasi nasional, menyambut pesta demokrasi.

"Sekarang ini justru persentase mengamankan negeri agar tidak pecah belah akibat persaingan kekuasaan, memakan energi yang luar biasa. Padahal banyak sekali energi yang bisa disalurkan untuk hal yang bermanfaat. Jadinya banyak ya energi dan waktu (pak Tito) yang habis menghadapi hal-hal negatif kegiatan politik," tutur dia.

5. Suswati tidak ambil pusing soal banyaknya meme yang menghina Tito

Ini Curhatan Sang Istri Setelah Tito Karnavian Tidak Lagi Menjabat KapolriIDN Times/Indiana Malia

Menanggapi banyak pihak yang melecehkan suaminya melalui meme, Suswati tidak ambil pusing, dan menjadikan hal itu sebagai sarana menghapus dosa.

"Kita tidak masalah ya, karena memang di dunia, orang mempunyai kreatifitas sendiri dalam membuat meme, dan itu gak masalah. Orang-orang yang berbuat jelek begitu yang buat jahat dan fitnah akan mengurangi dosa kita. Semakin banyak perbuatan jahatnya, dosa kita semakin berkurang, kan enak," tutur Tri.

Baca juga: Kapolri Beberkan Kebohongan di Balik Viralnya Kasus Penyerangan Ulama

Topik:

Berita Terkini Lainnya