Ini Keinginan Glenn Fredly di Bidang Musik Sebelum Meninggal Dunia

Semoga amal ibadah almarhum diterima Sang Maha Kuasa

Jakarta, IDN Times- Musisi kondang Tanah Air, Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, harus menghela napas terakhirnya pada Rabu (8/4) sekitar pukul 18.47 WIB. Glenn tutup usia di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan, akibat meningitis yang ia derita sejak satu bulan terakhir.

Sebelum meninggal, pelantun lagu “Kisah Romantis” ini memiliki keinginan untuk menyelenggarakan riset akademis mengenai musik pop di Indonesia. Keinginan itu berawal dari kegelisahan Glenn tentang tingginya peminat musik pop di Indonesia, namun penelitian terkait musik itu sendiri sangat minim.

Glenn Fredly Management merangkul Yayasan Rumah Beta serta Pusat Studi Agama dan Demokrasi Paramadina (PUSAD) untuk merealisasikan mimpi tersebut. Namun sayang, Glenn harus tidur selama-lamanya sebelum mimpinya terwujud.

1. Berawal dari obrolan seputar musik di M Bloc Space

Ini Keinginan Glenn Fredly di Bidang Musik Sebelum Meninggal DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Direktur Utama PUSAD, Ihsan Ali Fauzi, menceritakan awal mula ide proyek tersebut muncul.

“Akhir tahun lalu, dia mengajak saya ngobrol di M Block tentang musik Natal bergender dangdut (album Barry Likumahua), antara lain bersama Pendeta Jacky Manuputty dan musikus Idang Rasyidi,” kata Ihsan kepada IDN Times, Rabu (8/4) malam.

Keakraban Ihsan dan Glenn berlanjut hingga awal Januari lalu, ketika keduanya terlibat dalam kampanye “Hela Nusa Hitam” di M Bloc bersama Abidin Wakano dan Angga Sasongko.

“Sesudah itu, dia mengontak saya untuk menyiapkan workshop riset dan penulisan tentang musik pop di Indonesia, yang saya tanggapi dengan antusias,” sambung Ihsan.

2. Rapat masih terjadi hingga minggu ketiga Februari

Ini Keinginan Glenn Fredly di Bidang Musik Sebelum Meninggal DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Baca Juga: Jadi Sebab Glenn Fredly Meninggal, Ini 7 Penyebab Meningitis

Rapat seputar proyek tersebut masih berlangsung hingga pekan ketiga Februari lalu. “Itu sebelum dia cuti karena isterinya melahirkan anak mereka,” tambahnya.

Hingga kabar kematiannya didengar oleh Ihsan, belum ada pertemuan lagi bersama Glenn membincang kelanjutan proyek tersebut. Dari lubuk hati paling dalam, Ihsan mengaku sangat kehilangan Glenn sebagai sosok yang inspiratif dan sarat dengan nilai-nilai perjuangan.

“Sedih sekali mendengar kabar Glenn Fredly wafat. Why this wonderful human being? Almarhum banyak membantu kerja-kerja riset dan advokasi perdamaian kami, terutama terkait Ambon dan Maluku. We will miss you, my friend!” tulis Ihsan.

Ketika ditanya soal kelanjutan proyeknya, Ihsan mengatakan “insyaAllah.”

3. Keluarga Glenn imbau tidak ada pelayat yang hadir di pemakaman

Ini Keinginan Glenn Fredly di Bidang Musik Sebelum Meninggal DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Kepergian Glenn menjadi pukulan telak bagi Indonesia di tengah situasi pandemik corona. Sejak tadi malam, pihak keluarga mengimbau agar pelayat tidak mengikuti prosesi pemakaman. Sebab, pemerintah sedang menggalakkan kebijakan physical distancing sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Melalui pernyataan tertulis ini, kami pihak keluarga meminta doa dari rekan-rekan musisi, kerabat, teman, dan seluruh masyarakat Indonesia untuk almarhum Glenn Fredly dan memaafkan segala kesalahan yang pernah Beliau lakukan, baik sengaja mau pun tidak disengaja,” kata Mozes Latuihamalo mewakili pihak keluarga.

Baca Juga: Sakit Sejak Lama, Ini Pernyataan Resmi Keluarga Mendiang Glenn Fredly

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya