Ini Motif Mahasiswa 20 Tahun Jadi Polisi Lalu Lintas Gadungan

Semua perlengkapan polisi dibeli di Pasar Senen

Jakarta, IDN Times - Joseph Anugerah, pemuda yang berlagak menjadi polisi lalu lintas di jalan raya tol Casablanca, Jakarta Selatan, ternyata mahasiswa yang masih berusia 20 tahun.

"Tersangka merupakan kelahiran 8 Maret 1998. Dia mahasiswa yang tinggal di Tebet, Jakarta Selatan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin (16/7).

Apa motif Joseph berlagak seperti polisi lalu lintas sungguhan?

1. Menjadi polisi gadungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

Ini Motif Mahasiswa 20 Tahun Jadi Polisi Lalu Lintas GadunganTwitter/@restadepok

Setelah dilakukan pendalaman, Joseph telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya. Yang bersangkutan mengaku menyamar sebagai polisi lalu lintas demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Dari hasil interogasi, terlapor mencari uang untuk digunakan kebutuhan sehari-hari," tambah Argo.

2. Pelaku membeli perlengkapan polisi di Pasar Senen

Ini Motif Mahasiswa 20 Tahun Jadi Polisi Lalu Lintas GadunganTwitter/@restadepok

Tersangka diketahui menggunakan atribut lengkap. Saat diinterogasi, Joseph menjelaskan bahwa seluruh atribut polisi yang dimilikinya didapatkan dari Pasar Senen, Jakarta Pusat.

"Pet lantas beli di Pasar Senen hari Rabu 13 juli 2018 dan rompi hijau beli di Pasar Senen tahun 2017. Begitu juga pangkat Brigadir Polri, belinya di Pasar Senen," bebernya.

Terkait sepatu PDL Lantasnya dibeli dan Bandung dan untuk HT Motorola yang digunakannya didapat dari teman ibunya yang bekerja di PT. Freeport.

3. Terancam hukuman 4 tahun penjara

Ini Motif Mahasiswa 20 Tahun Jadi Polisi Lalu Lintas GadunganIDN Times/Sukma Shakti

Atas tindak penipuan yang dilakukan oleh Joseph, dia terjerat Pasal 378 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan dengan hukuman paling lama 4 tahun penjara. 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya