Ini Pengalihan Lalu Lintas saat May Day di Jakarta

Baca baik-baik ya guys

Jakarta, IDN Times - Peringatan Hari Buruh Internasional atau lebih dikenal May Day jatuh setiap 1 Mei. Untuk mengawal aksi ribuan buruh, kepolisian telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari personel pengamanan hingga rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus.  

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono mengatakan, 20 ribu personel kepolisian akan diturunkan guna mengamankan aksi ribuan buruh pada May Day.

Polisi juga menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas supaya pengguna kendaraan bermotor, dapat melintas tanpa mengalami gangguan.

"Tentu dengan adanya masa pada kegiatan besok, kami akan mengadakan rekayasa lalu lintas," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf saat dikonfirmasi, Senin (30/4).

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan kepolisian:

1. Arus lalu lintas sekitar Gedung KPK dan Kemenakertrans

Ini Pengalihan Lalu Lintas saat May Day di Jakartaantaranews.com

Arus lalu lintas dari Jalan HOS Cokroaminoto menuju Jalan HR Rasuna Said dari jalur lambat, dialihkan ke jalur cepat setelah putaran Garut 29 (layang Latuharhary).

Kemudian, apabila massa menutup jalur cepat di depan Gedung KPK, arus lalu lintas dari Jalan HOS Cokroaminoto atau layang Latuharhary, dialihkan ke Jalan Galunggung atau Jalan Kuningan Persada.

Arus lalu lintas dari Jalan HR Rasuna Said menuju ke Jalan Gatot Subroto arah Cawang (Gedung Kemenakertrans), diperbolahkan langsung melaju ke Jalan Mampang Prapatan.

Terakhir, arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah Cawang (Gedung Kemenangan), dialihkan ke kiri Jalan HR Rasuna Said atau ke kanan, Jalan Mampang Prapatan penutupan fly over Kuningan.

Baca juga: Ini Titik-titik Konsentrasi Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

2. Arus lalu lintas di sekitar Gelora Bung Karno

Ini Pengalihan Lalu Lintas saat May Day di Jakartaantaranews.com

Adapun skenario lalu lintas dari fly over Senayan, Lembaga Kedokteran Gigi (Ladogi) adalah sebagai berikut:

Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi. Kemudian, kendaraan dari arah lampu merah Lapangan Tembak diarahkan lurus naik fly over atau belok kiri ke arah Slipi, tidak ada yang memutar di bawah fly over Skat 2.

Untuk kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda. Sedangkan, kendaraan dari Slipi diarahkan lurus ke Semanggi, tidak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

3. Rekayasa lalu lintas di seputaran Bundaran Senayan

Ini Pengalihan Lalu Lintas saat May Day di Jakartaantaranews.com

Pintu V luar atau pintu FX Sudirman akan ditutup. Selanjutnya, kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi.

Kendaraan yang menuju ke arah Semanggi diarahkan masuk ke jalur cepat Jalan Jenderal Sudirman.

Kendaraan dari arah selatan (lampu merah Senayan City) diarahkan lurus ke arah lampu merah Lapangan Tembak.

Kemudian, kendaraan dari arah utara (dari arah lampu merah Lapangan Tembak) diminta lurus ke arah lampu merah Senayan City, Jalan Paku Buwono.

Kendaraan dari arah fly over Senayan diarahkan belok ke kanan ke arah lampu merah Palmerah, dan kendaraan dari arah lampu merah Palmerah diarahkan belok kiri menuju fly over Skat 2.

Baca juga: May Day: Ini 3 Tuntutan Buruh Saat Aksi Besok


Topik:

Berita Terkini Lainnya