Kabar Pemutihan SIM Dipastikan Hoax, Selama Ini Adanya Pemutihan STNK

Yang ada selama ini pemutihan STNK

Jakarta, IDN Times-Hari ini sebagian besar grup WhatsApp (WA) muncul kabar tentang pemutihan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang mati. Kabar itu cepat menyebar dan sempat membuat masyarakat senang.


1. Ada pemutihan SIM yang mati

Kabar Pemutihan SIM Dipastikan Hoax, Selama Ini Adanya Pemutihan STNKIDN Times/Istimewa

"ADA PEMUTIHAN SIM.. Yg MATI..   Untuk Gol : ( SIM. A, B, C ) di POLWIL/polres  Masing 2 Daerah. Berlaku Mulai Tgl 2 - 07 April  2018.. TOLONG.. di  BANTU Share Ya.. Agar yg MEMILIKI Sim Mati Bisa di Perbarui Tanpa MENGULANG Tes tulis & praktek Lagi..Berlaku di Seluruh indonesia," begitu pesan WA yang beredar.

Baca juga: Dipolisikan Karena Diduga Menyebar Hoax, Begini Reaksi Fahri Hamzah

2. Masyarakat banyak yang percaya

Kabar Pemutihan SIM Dipastikan Hoax, Selama Ini Adanya Pemutihan STNKIDN Times/Sukma Shakti

Ternyata kabar tersebut banyak dipercaya masyarakat. Salah satu warga di Palmerah, Agus, mengaku gembira jika kabar tersebut benar. Sebab ia bisa memiliki SIM baru tanpa harus membayar. "Wah asyik tuh, kebetulan SIM saya sudah mati," ujarnya yang sehari-hari berprofesi sebagai montir ini.

3. Dipastikan hoax

Kabar Pemutihan SIM Dipastikan Hoax, Selama Ini Adanya Pemutihan STNKTwitter/@TribatraRL

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra memastikan kabar tersebut hoax. "Memang saya dapat info dari rekan-rekan media bahwa ada pemutihan SIM, kami jelaskan bahwa pemutihan SIM tidak ada di Polda Metro Jaya, jadi yang dilakukan oleh media itu adalah hoax," jelasnya.

Pagarra menambahkan akan menelusuri lebih ajuh info pemutihan SIM tersebut. "Saya perintahkan TMC untuk menyampaikan bahwa pemutihan SIM itu merupakan hoax. Yang ada itu mungkin pemutihan STNK, balik nama, pajak itu ada di waktu-waktu tertentu.

Pagarra menegaskan belum pernah ada sama sekali pemutihan SIM dan saat ini juga tidak akan dilaksanakan.

Baca juga: Hoax Makin Meresahkan, Begini Cara Unik Polisi Melawannya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya