Comscore Tracker

Kemenkes: Jumlah Nakes Terpapar COVID-19 Menurun Sejak Divaksinasi

Target vaksinasi bisa lebih cepat dari perkiraan awal

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan, berdasarkan data per Rabu, 10 Februari 2021, hampir 180 ribu dosis vaksin COVID-19 divaksinasikan setiap hari. Jika angkanya konsisten atau bahkan bisa lebih tinggi, maka target menuntaskan vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) bisa lebih cepat dari prediksi awal.
 
“Penyelesaian vaksinasi petugas kesehatan (untuk dosis pertama) kemungkinan akan lebih cepat dari target dalam beberapa minggu, dari target awal (pada) akhir Februari,” demikian tertulis dalam keterangan Kementerian Kesehatan yang diterima IDN Times, Kamis (11/2/2021).

Baca Juga: Sudah 978 Ribu Nakes Divaksinasi, 811 Ribu Baru Suntikan Pertama

1. Lebih dari 1,2 juta orang sudah divaksinasi

Kemenkes: Jumlah Nakes Terpapar COVID-19 Menurun Sejak DivaksinasiIlustrasi tenaga medis ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Data Kemenkes menunjukkan, sudah lebih dari 1,2 dosis vaksin yang divaksinasikan ke warga dengan kategori prioritas, yaitu tenaga kesehatan dan lansia yang dimulai pada pekan ini.
 
Secara lebih rinci, angka realisasi vaksinasi dosis pertama mencapai 66 persen, dan 15 persen dibatalkan atau ditunda. Adapun realisasi vaksin dosis kedua mencapai 19 persen.

Sementara, hingga hari ini pukul 12.00 WIB, program vaksinasi COVID-19 sudah mencapai 1 juta nakes yang divaksinasi, dan sudah melayani 1.230.962 nakes atau 83 persen dari target awal vaksinasi 1.468.764 nakes.

Kemenkes: Jumlah Nakes Terpapar COVID-19 Menurun Sejak Divaksinasi(IDN Times/Arief Rahmat)

2 Kemenkes klaim infeksi virus corona pada tenaga medis mulai menurun

Kemenkes: Jumlah Nakes Terpapar COVID-19 Menurun Sejak DivaksinasiIlustrasi Tenaga Medis. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Kemenkes mengklaim telah terjadi penurunan infeksi COVID-19 pada tenaga kesehatan sejak vaksinasi. Melalui grafik yang diterima IDN Times, Kemenkes juga menyajikan kasus mingguan tenaga medis di DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
 
Data terakhir di Ibu Kota menunjukkan terjadi penurunan infeksi, meski angkanya masih berkisar pada rentang 600-900 orang.
 
Kasus di Jawa Tengah terjadi penurunan signifikan. Jika pekan sebelumnya tenaga medis yang terpapar SARS-CoV-2 lebih dari 300 orang, maka pekan ini jumlahnya berkisar pada angka 200-250.
 
Sementara, Jawa Timur terjadi penurunan kasus dari yang minggu sebelumnya lebih dari 420 orang, data terbaru menunjukkan pada kisaran angka 350-380 orang.

3. Tujuh juta dosis vaksin akan tiba pada akhir bulan

Kemenkes: Jumlah Nakes Terpapar COVID-19 Menurun Sejak DivaksinasiIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Menjelang akhir Februari, Kemenkes mulai mempersiapkan skema vaksinasi untuk pekerja publik. Terkait detail waktu pelaksanaan, Kemenkes masih menunggu kesiapan pasokan dari Bio Farma.
 
“Perhatikan bahwa tujuh juta dosis vaksin lagi akan tersedia pada akhir bulan,” tulis Kemenkes.
 
Ke depannya, kementerian juga akan menggalakkan vaksinasi dengan penulusuran (tracing) yang lebih intensif, dengan memanfaatkan pengujian antigen. Hasil pengujian tersebut akan dicatat sebagai kasus yang dikonfirmasi jika ditemukan positif.

Baca Juga: Dinkes DKI Investigasi Vaksinasi COVID-19 Crazy Rich PIK Helena Lim

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya