Comscore Tracker

Kisah Esther Gayatri, Dipercaya Habibie Jadi Pilot Wanita Pertama RI

Keputusan visioner Habibie ternyata mengubah hidup Esther

Jakarta, IDN Times - Meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie, menyisakan berjuta duka bagi bangsa. Salah satu yang merasa kehilangan adalah Esther Gayatri, satu-satunya pilot perempuan yang dipercaya Habibie menguji pesawat Gatot Kaca N250.

"Pada saat saya pulang dari Amerika tahun 1984, di Indonesia belum ada pilot wanita, jadi saya ditolak dimana-mana. Beliaulah (Habibie) yang menerima saya di PT Nurtanio," kata Esther saat mengunjungi rumah duka di Jalan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan, (12/9).

Keputusan visioner Habibie ternyata mengubah hidup Esther. Hingga hari ini, surat pengangkatan Esther masih tersimpan rapih.

"Itu 34 tahun yang lalu. Saya benar-benar sangat berterima kasih kepada Beliau. Saya banyak dapat berkat dan nasihat mengenai test flight pesawat," tambahnya.

Pertemuan terakhir Esther dengan almarhum adalah tiga tahun yang lalu. Kala itu, Habibie bertanya apakah dia masih aktif menjadi pilot dan menguji coba pesawat terbang.

"Saya jawab masih, saya siap membantu untuk apa pun pesawat yang ia rancang, R80 saya siap bantu. Dan itu kali terakhir, setelah itu saya sibuk dengan N219," tutup Esther mengenang BJ Habibie.

Baca Juga: Nurdin Mengenang Kata-kata Habibie: Kelak Kau Akan Jadi Gubernur

Topic:

  • Sunariyah

Just For You