Comscore Tracker

Cerita Bung Tomo Bertemu Nyi Roro Kidul saat Perang Gerilya 

Bung Tomo melihat kereta kencana terbang di atas langit

Surabaya, IDN Times - Bung Tomo, pejuang kemerdekaan Republik Indonesia asal Surabaya, ternyata memiliki sepenggal kisah mistis dengan Nyi Roro Kidul. Bung Tomo yang memiliki nama lengkap Sutomo, yakin pernah bertemu dengan Nyi Roro Kidul saat bergerilya melawan Belanda. 

Cerita ini disampaikan oleh anak kandung Bung Tomo, Bambang Sulistomo, kepada IDN Times dalam sesi wawancara khusus tahun lalu di Surabaya. Bagaimana penggalan kisah tersebut?

Baca Juga: Ini Kebiasaan Bung Tomo Jika Melewati Tugu Pahlawan

1. Melompat ke jurang saat terpojok oleh pasukan Belanda

Cerita Bung Tomo Bertemu Nyi Roro Kidul saat Perang Gerilya Infografis Bung Tomo. IDN Times/ Sukma Shakti

Menurut Bambang, peristiwa mistis itu terjadi di Tawangmangu. Kala itu, posisi Bung Tomo terpojok oleh pasukan Belanda. Demi menyelamatkan diri, dia hanya punya satu pilihan, yaitu melompat ke jurang.

“Waktu itu Bapak bilang menjatuhkan diri ke jurang. Bapak bilang, itu tingginya tiga pohon kelapa,” kata Bambang kepada IDN Times.

2. Mendengar suara kereta kencana

Cerita Bung Tomo Bertemu Nyi Roro Kidul saat Perang Gerilya Ilustrasi Nyi Roro Kidul. pinterest.com

Kala malam hari datang, dalam kondisi sendiri, sepi, di tengah jurang, Bung Tomo mengaku mendengar suara kereta kencana.

“Tiba-tiba Bapak dengar suara prok prok prok. Bapak lihat sorotan lampu, terus Bapak lihat kereta kencana terbang di atas langit,” terang dia.

Baca Juga: Putra Bung Tomo: Ayah Orang yang Humanis, Humoris, dan Romantis

3. Warga setempat percaya itu perwujudan Nyi Roro Kidul

Cerita Bung Tomo Bertemu Nyi Roro Kidul saat Perang Gerilya Bung Tomo (kanan) dan istrinya, Sulistina Sutomo. Berbagai sumber

Bung Tomo boleh saja tak gentar melawan penjajah, namun pengalaman mistisnya itu membuat bulu kuduk komandan arek-arek Suroboyo itu berdiri tegak.

“Itu Bapak kaget juga sambil doa-doa, katanya. Untung Bapak gak diajak naik bareng. Pas pagi harinya, Bapak ditolongin. Nah, warga di situ percaya (kereta kencana) itu sebagai perwujudan Nyi Roro Kidul,” tutup Bambang.

Baca Juga: Kisah Bung Tomo: Garang di Medan Perang, Manis pada Istri Tersayang

Topic:

  • Sunariyah

Just For You