Comscore Tracker

Klikdialisis.com: Aplikasi yang Bantu Layani Pasien Gagal Ginjal

Informasi seputar kesehatan ginjal masih sangat minim

Jakarta, IDN Times - Berdasarkan laporan Indonesia Renal Registry, jumlah pasien cuci darah atau dialisis aktif pada 2020 mencapai 130.931 pasien. Pada tahun yang sama, tercatat juga penambahan pasien hingga 61.786 orang.

Sebelum pandemik COVID-19, angka pertumbuhan pasien naik sekitar 10-12 persen setiap tahunnya, yang menempatkan gagal ginjal sebagai satu dari lima penyakit yang paling membebankan pembiayaan kesehatan pemerintah.

Atas dasar itulah klikdialisis.com, platform di bidang kesehatan yang fokus membantu pasien gagal ginjal, membuat nota kesepahaman dengan Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI). Tujuannya, guna meningkatkan akses informasi terkait kesehatan ginjal dan layanan dialisis bagi pasien di Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman bertepatan dalam perayaan Hari Ginjal Sedunia yang jatuh setiap 10 Maret. Secara global, tema yang diusung pada Hari Ginjal Sedunia adalah “Ginjal Sehat untuk Semua: Menjembatani Kesenjangan Pengetahuan untuk Kesehatan Ginjal yang Lebih Baik”.

1. Klikdialisis.com ingin beri kemudahan untuk pasien yang harus cuci darah

Klikdialisis.com: Aplikasi yang Bantu Layani Pasien Gagal GinjalTangkapan layar laman klikdialisis.com (klikdialisis.com)

CEO Klikdialisis.com, Kevin Soeharli, mengatakan salah satu solusi dalam meningkatkan tingkat kehidupan dan kesehatan, khususnya di masa pandemik, adalah kemudahan untuk mengakses informasi. Hal yang sama juga berlaku bagi pasien dialisis.

Saat ini, pasien cuci darah yang membutuhkan tindakan harus melakukan kunjungan secara langsung ke unit dialisis, guna memastikan ketersediaan ruangan untuk mereka yang membutuhkan.

Di era teknologi informasi dan di tengah ancaman pandemik COVID-19, Kevin mengatakan seharusnya pelayanan terhadap pasien dialisis juga dipermudah. Mereka seharusnya bisa memperoleh informasi dan melakukan pemesanan layanan secara digital, tanpa harus mengunjungi unit dialisis.

“Oleh karena itu, klikdialisis.com mengembangkan sebuah sistem yang terintegrasi berbasis website dan aplikasi untuk mempermudah pasien mencari unit dialisis sesuai kebutuhannya,” kata Kevin.

Baca Juga: Kenapa Pasien Gagal Ginjal Harus Cuci Darah?

2. Solusi atasi krisis informasi seputar kesehatan ginjal

Klikdialisis.com: Aplikasi yang Bantu Layani Pasien Gagal GinjalTangkapan layar dari laman KPCDI (www.kpcdi.org)

Kevin juga menjelaskan, layanan yang ditawarkan klikdialisis.com tidak sekadar menghubungi dan mendapatkan informasi yang lengkap dari fasilitas kesehatan atau konsultansi dokter spesialis di bidang kesehatan ginjal. Tetapi juga akses untuk mendapatkan layanan dengan mudah, cepat dan real-time.

Klikdialisis.com memiliki berbagai fitur pendukung untuk mempermudah pasien, mulai dari pencarian informasi, pemesanan dan layanan konsultasi terkait penyakit ginjal, seperti pasien dapat memilih lokasi unit dialisis yang terdekat, deteksi lokasi menggunakan melalui sistem Geolocation, filtering kriteria-kriteria layanan dialisis, dan masih banyak informasi lainnya.

“Upaya peningkatan akses layanan dialisis, juga informasi kesehatan secara menyeluruh, sangat dibutuhkan pasien. Aplikasi klikdialisis.com dapat membantu pasien dalam akses informasi layanan dialisis, tentunya menjadi salah satu solusi dalam terbatasnya akses informasi mengenai Kesehatan ginjal di Indonesia”, kata Ketua KPCDI, Tony Richard Samosir.

3. Dukungan yang diberikan klikdialisis.com

Klikdialisis.com: Aplikasi yang Bantu Layani Pasien Gagal GinjalKlikdialisis.com tandatangani nota kesepahaman dengan KPCDI (Dok. IDN Times/Istimewa)

Adapun bentuk dukungan dan komitmen klikdialisis.com, yang tertuang dalam nota kesepahaman, dengan KPCDI melingkupi:

  1. Penyediaan dan pengembangan sistem informasi kesehatan ginjal dan layanan dialisis bagi pasien ginjal kronis di Indonesia.
  2. Menghubungkan akses pasien dialisis dengan fasilitas penyedia layanan dialisis dan fasilitas kesehatan ginjal lainnya dengan platform klikdialisis.com.
  3. Dukungan dalam akses informasi layanan dialisis yang dapat digunakan untuk kepentingan pasien dialisis di Indonesia.
  4. Promosi kesehatan ginjal dan edukasi bagi pasien dialisis di Indonesia.

"Klikdialisis.com berharap dapat menjadi solusi atas permasalahan akses informasi Kesehatan ginjal dan layanan dialisis bagi pasien di Indonesia," demikian harapan Kevin

Baca Juga: 5 Faktor Risiko Penyakit Ginjal Kronis, Hipertensi Salah Satunya

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya