Lantunan Doa Iringi Pelepasan Jenazah BJ Habibie Menuju TMP Kalibata

Selamat jalan Eyang Habibie...

Jakarta, IDN Times - Prosesi penyerahan jenazah Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie berlangsung khidmat di rumah duka kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/9). Sebelum melepas kepergian Habibie ke tempat peristirahatan terakhir, para pelayat sempat menggelar salat jenazah yang diimami tokoh Cendekiawan Muslim Quraish Shihab.

Mantan Menteri Agama RI itu juga mendoakan Habibie supaya mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. "Ampunilah dosanya. Bersihkan lah dirinya sebagaimana bersihnya salju," demikian penggalan doa yang dilantunkan Quraish Shihab.

Usai doa dan salat, prosesi penyerahan jenazah secara militer dilakukan. Thareq Kemal Habibie, selaku perwakilan keluarga menyerahkan jenazah sang ayah kepada Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, selaku perwakilan penyelenggara negara.

"Saya atas nama jenazah menyerahkan almarhum BJ Habibie kepada pemerintah, untuk dimakamkan di TMP Kalibata dengan upacara militer," kata Thareq di hadapan Anwar.

"Saya Ketua MK Anwar Usman, atas nama negara, menerima almarhum BJ Habibie. Selanjutnya, jenazah akan saya berangkatkan ke tempat pemakamannya di TMP Kalibata untuk dimakamkan secara militer," jawab Usman.

Prosesi selesai dilakukan. Derap langkah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengiringi kepergian sang Bapak Demokrasi. Keranda kayu yang dibalut bendera Merah Putih itu menjadi saksi bisu, betapa jenazah Habibie adalah orang baik.

Lantunan tahlil dan doa mengiringi kepergian Habibie. Gaung hentakan kaki pengiring jenazah pun menjauh dari rumah duka yang beralamat di Jalan Patra Kuningan XIII, Kuningan, Jakarta Selatan. Menandakan Bapak Teknologi itu telah meninggalkan seluruh keluarganya.

Habibie kini mendatangi sang istri terkasihnya, Ainun, yang lebih dulu wafat. Selamat jalan Eyang Habibie....

BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Habibie meninggal karena faktor usia dan gagal jantung.

Sebelum tutup usia, Habibie sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 2 September lalu. Jenazah Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada pukul 14.00 WIB.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan memimpin langsung upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut. Jenazah Habibie akan dikebumikan di samping pusara istrinya, Ainun Habibie.

Baca Juga: Kisah Esther Gayatri, Dipercaya Habibie Jadi Pilot Wanita Pertama RI

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya