Comscore Tracker

Lawan COVID-19, Ma'ruf Amin Minta Warga NU Dukung Pemerintah 

“Tanggung jawab kebangsaan adalah tanggung jawab ke-NU-an."

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU) terlibat aktif menjaga keselamatan bangsa di tengah pandemik COVID-19. Caranya dengan mengajak masyarakat mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah.

“Tanggung jawab kebangsaan adalah tanggung jawab ke-NU-an, karena mencintai negara adalah bagian dari iman. Kita harus menjaga keselamatan negara dari upaya orang-orang yang menjadikan wabah dan kesulitan ekonomi untuk membangun distrust terhadap pemerintah,” kata Ma’ruf saat memberi sambutan pada acara Khataman Shalawat Nariyah dan Doa untuk Bangsa, yang ditayangkan virtual melalui TVNU, Senin (26/7/2021).

1. Menjaga negara menjadi keharusan bagi NU

Lawan COVID-19, Ma'ruf Amin Minta Warga NU Dukung Pemerintah Twitter/@nahdlatululama

Ma’ruf juga menyinggung peran pendiri NU Hasyim Asy’ari ketika mengeluarkan Resolusi Jihad kala melawan penjajah. Dia menyebut fenomena itu sebagai bukti bahwa NU harus memainkan peran penting demi menjaga keutuhan bangsa.

“Artinya, (kewajiban NU untuk menjaga keutuhan bangsa) tidak usah menunggu perintah, tidak usah meminta, karena itu sudah otomatis (bagian dari keimanan. Ini pelajaran penting dari Resolusi Jihad,” tambah dia.

Baca Juga: [UPDATE] Jumlah Tes Menurun, Kasus COVID-19 Bertambah 28.228 Hari Ini

2. Meminta peran ulama menjaga keutuhan bangsa

Lawan COVID-19, Ma'ruf Amin Minta Warga NU Dukung Pemerintah Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Ma’ruf berulang kali menyebut pandemik COVID-19 sebagai cobaan yang diberikan Allah SWT. Selain meminta bantuan ulama untuk menjaga keutuhan umat, dia juga meminta peran ulama menjaga keutuhan negara.

“Musibah dan cobaan Allah SWT dijadikan sebagai alat untuk menimbulkan kegaduhan. Ini juga kewajiban kita para ulama untuk menjaga dari upaya-upaya tersebut,” katanya.

3. Meminta warga NU menghalau hoaks seputar COVID-19

Lawan COVID-19, Ma'ruf Amin Minta Warga NU Dukung Pemerintah ilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Ma’ruf juga meminta warga NU bertindak konkret demi menjaga keutuhan bangsa. Secara khusus dia menyoroti bagaimana misinformasi di era post-truth menjadi ancaman bagi kesatuan negara.

“Banjir informasi, ada yang benar, ada yang tidak, sehingga terjadi kesamaran. Makanya kita berdoa kepada Allah supaya bisa mengatasi tantangan ini di samping melakukan upaya konkret,” katanya.

Baca Juga: Viral Satpam Uji Alat COVID-19 Pakai Air Keran, Kok Hasilnya Positif?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya