Merapi Meletus Lagi Jumat Malam, di Luar Radius 3 KM Masih Aman

Semoga aktivitas Merapi segera normal

Jakarta, IDN Times- Suara letusan kembali dikeluarkan oleh Gunung Merapi pada Jumat (1/6) malam. Terdengar dua kali suara letusan pada 20.24 WIB dan 21.00 WIB melalui gunung yang berlokasi di Yogyakarta itu.

1. Kolom abu yang dikeluarkan mencapai ketinggian 6 km

Merapi Meletus Lagi Jumat Malam, di Luar Radius 3 KM Masih AmanANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Berdasarkan keterangan dari Badan Geologi, PVBMG Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada Sabtu (2/6), kolom abu yang dikeluarkan olah erupsi Merapi mencapai ketinggian 6 kilometer di atas permukaan laut.

Kolom abu terpantau berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi yang terekam diketahui berasal dari kedalaman 3 kilometer dengan durasi kurang lebih 2 menit.

2. Aktivitas masyarakat di luar radius 3 km masih aman

Merapi Meletus Lagi Jumat Malam, di Luar Radius 3 KM Masih AmanANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Selanjutnya, Badan Geologi ini menyarankan agar aktivitas masyarakat di luar radius 3 kilometer dari Gunung Merapi.

Penduduk yang tinggal di seputar Gunung Merapi diminta untuk meningkatkan kewaspadaan kalau sewaktu-waktu aktivitas gunung kembali berlanjut. Hingga Jumat (1/6), aktivitas gunung vulkanik itu ditetapkan pada tingkat siaga II atau waspada.

3. Aktivitas pendakian dilarang

Merapi Meletus Lagi Jumat Malam, di Luar Radius 3 KM Masih AmanTwitter/@Sutopo_PN

BPPTKG meminta agar kegiatan pendakian dihentikan untuk sementara waktu, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian terkait upaya mitigasi bencana. Masyarakat juga diminta agar tidak panik menanggapi maraknya isu-isu yang disebarkan oleh sumber pemberitaan yang tidak jelas.

Untuk mengetahui kabar terbaru dari sumber yang kredibel, masyarakat bisa mengakses www.merapi.bgl.esdm.go.id atau melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz.

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya