Mimpi Jokowi, Ciliwung Sebersih Sungai Cheongyecheon di Seoul

Sungai Cheongyecheon di Seoul dulu kotor seperti Ciliwung

Surabaya, IDN Times- Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo tengah melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan. Pada lawatan tersebut, ia sempat mengunjungi Sungai Cheongyecheon di Seoul. 

Terkesima dengan kebersihannya, Jokowi pun berharap Sungai Ciliwung bisa sebersih itu suatu hari nanti. 

"Ini sebuah sungai di kota yang bersih sekali, Sungai Cheongyechoen, sebuah inspirasi bagus. Kalau di Jakarta ada Ciliwung jadi bersih seperti ini, wooo," kata Jokowi dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (11/9). 

1. Sungai Cheongyecheon pernah sekotor Ciliwung

Mimpi Jokowi, Ciliwung Sebersih Sungai Cheongyecheon di Seoul(Presiden Joko 'Jokowi ' Widodo di Korea Selatan) ANTARA FOTO/Jeon Heon-kyun/Pool via Reuters

Menurut Jokowi, kondisi Sungai Cheongyecheon tidak jauh berbeda dengan Sungai Ciliwung pada 2003. Namun, dalam waktu dua tahun tiga bulan, sungai tersebut disulap menjadi tempat wisata yang tidak pernah sepi dari pengunjung. 

"Ini hanya 2,3 tahun jaman Wali Kota  Lee Myung-bak sungai bersih seperti ini, sehingga wali kotanya jadi presiden," terang mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

2. Jokowi berharap sungai bersih di tengah kota

Mimpi Jokowi, Ciliwung Sebersih Sungai Cheongyecheon di Seoul(Presiden Joko 'Jokowi ' Widodo di Korea Selatan) ANTARA FOTO/Jeon Heon-kyun/Pool via Reuters

Panjang sungai yang membelah Ibu Kota Korea Selatan itu sekitar 8 kilometer dan 5,8 kilometernya sudah dalam kondisi bersih. Jokowi percaya bila ada keinginan, pasti akan ada jalan. 

"Saya kira sebuah tontonan yang bisa menjadi tuntutan kita bisa mengerjakan menggarap sungai yang ada di Jakarta. Kalau kita mau bisa," ujarnya. 

Baca Juga: Kejutan untuk Jokowi: Ditemui Boyband Super Junior!

3. Jokowi adalah warga kehormatan di Seoul

Mimpi Jokowi, Ciliwung Sebersih Sungai Cheongyecheon di Seoul(Presiden Joko Widodo di Korea Selatan) ANTARA FOTO/Jeon Heon-kyun/Pool via Reuters

Untuk diketahui, sejak 2017 Jokowi merupakan warga kehormatan Seoul. Karenanya, Jokowi bila minta apa saja dari pemerintah setempat 

"Kalau jadi warga kehormatan di sini minta apa saja diberi. Saya minta resepnya bangun apa ini Sungai Chongyesheon ini ke Mayor Park (Won-soon)," tutur Jokowi kepada Wali Kota Seoul Park Won-soon yang berada di sampingnya. 

Sementara itu, Park sangat senang dengan kunjungan Jokowi. Ia bahkan siap membantu permasalahan sungai di Jakarta bila dibutuhkan. "Jakarta dan Seoul adalah sister city, apapun yang bapak perlukan kami siap karena Bapak (Presiden Jokowi) warga kehormatan Seoul," tutup Park.

So guys, setuju gak kamu kalau Wali Kota Seoul bantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membersihkan Sungai Ciliwung?

Baca Juga: Jokowi Diberi Sambutan Unik Ala Raja Korea oleh Presiden Korsel

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya