Mudik Lancar Bukan Mitos: Jakarta - Gresik Cuma 15 Jam!

Kenapa bisa lebih lancar, ya?

Jakarta, IDN Times - Mudik lancar ternyata bukan sekedar mitos. Reporter IDN Times, Vanny El Rahman, mengalaminya. Ia berangkat dari rumahnya di Ciputat pada Minggu (10/6) pukul 15.00 WIB.

Vanny sampai di tujuan, yakni Gresik, Jawa Timur, pada Senin (11/6) pukul 06.00 WIB. Artinya Vanny hanya menempuh 15 jam perjalanan. Padahal perjalanan Jakarta - Gersik normalnya ditempuh tidak kurang dari 18-20 jam.

"Sebenarnya bisa dipangkas lagi jadi 13 jam perjalanan, tapi karena di mobil juga ada bapak sama ibu jadi tidak bisa gaspol," kata Vannya, Senin (11/6).

Lantas apa yang membuat perjalanan mudik Vanny kali ini lebih cepat dari mudik-mudik sebelumnya? 

1. Cuti yang diperpanjang mempengaruhi pola pemudik  

Mudik Lancar Bukan Mitos: Jakarta - Gresik Cuma 15 Jam!  ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pemerintah, melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti bersama 2018 menetapkan libur Hari Raya Idulfitri selama 7 hari. Di tambah 2 hari raya, maka total libur lebaran kali ini menjadi 9 hari, dari mulai 9 Juni sampai 20 Juni. 

Dengan masa libur yang panjang ini, masyarakat bisa leluasa menentukan kapan akan mudik dan balik dari kampung halaman. Sehingga, arus mudik tidak menumpuk pada hari tertentu saja. Nah, faktor inilah yang diuga menjadikan arus mudik tahun ini lancar.

2. Sistem e-toll cukup membantu pemudik  

Mudik Lancar Bukan Mitos: Jakarta - Gresik Cuma 15 Jam!  Dokumentasi Kemenhub

Faktor lainnya adalah penerapan e-toll. Dengan sistem ini, pembayaran di gerbang tol menjadi lebih cepat dari pada harus membayar cash. Setidaknya pengemudi tidak harus menunggu uang kembalian. Tinggal tap kartunya, langsung gas lagi.

3. Ruas tol yang sudah menyambung  

Mudik Lancar Bukan Mitos: Jakarta - Gresik Cuma 15 Jam!  Solopos

Selain itu, menurut Vanny, sudah tersambungnya ruas tol Cipali ke tol fungsional cukup memangkas jarak tempuh yang otomatis juga membuat waktu tempuh menjadi berkurang. 

"Tol Cipali yang langsung menyambung ke tol fungsional terus langsung ke Semarang benar-benar memangkas waktu," katanya.

4. Pembayaran tol cipali cukup membantu   

Mudik Lancar Bukan Mitos: Jakarta - Gresik Cuma 15 Jam!  IDN Times/Sukma Shakti

Vanny mengatakan faktor lain yang membuat perjalannya menjadi lebih singkat adalah sistem pembayaran di Tol Cipali. Di tol ini, pembayaran hanya dilakukan di gate paling akhhir, sehingga tak membuat banyak sumbatan berarti di ruas tol.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya